Gini Lho Caranya Nabung Buat Traveling, Dijamin Anti Gagal

Gini Lho Caranya Nabung Buat Traveling, Dijamin Anti Gagal

Tips nabung buat kamu yang suka jalan-jalan tapi bingung gimana cara ngumpulin uang.

Siapa sih yang nggak suka traveling? Kegiatan ini memang jadi favorit banyak orang. Bukan cuma sekedar jalan-jalan dan pergi ke tempat baru, momen traveling juga bisa jadi pengalaman tak terlupakan, nambah wawasan dan teman, menciptakan kenangan, mencoba hal baru, bahkan untuk menghilangkan stres dan menambah kepercayaan diri. 

Kalau bisa sih, mungkin semua orang juga pengennya traveling terus menerus dan mengeksplor banyak tempat, kota, dan negara. Sayangnya, hobi ini butuh modal yang nggak sedikit. Seminim-minimnya budget, tetap aja harus ada uang yang dikeluarkan. Makin jauh tempatnya, bisa jaid biayanya pun makin tinggi. 

Nggak jarang lho orang bela-belain berhutang, baik itu pakai fitur semacam pay later atau cicilan kartu kredit demi bisa jalan-jalan. Ujung-ujungnya, nggak sedikit juga yang jadi terlilit hutang dan malah pusing setelah perjalanan selesai. 

Traveling emang seru, tapi jangan sampai merusak rencana keuanganmu. Pada akhirnya, kamu memang harus menabung untuk bisa jalan-jalan. Gimana sih nabung yang efektif buat traveling?

Tabungan traveling (gogoplaces.co)

Hitung biaya perjalanan 

Catat dulu kamu maunya pergi ke mana, kapan, dan berapa lama. Misalnya nih, tahun depan  kamu udah punya rencana besar untuk pergi ke Rusia, Jepang, dan Bali. Sisanya mungkin cuma mau ke kota sebelah aja yang bisa dijangkau naik mobil pribadi atau kendaraan umum yang lebih murah. 

Nah, dari awal mulai deh hitung berapa sih biaya yang dibutuhkan buat transportasi, akomodasi, dan biaya hidup di tempat tersebut. Katakanlah totalnya Rp120 juta. Berarti setiap bulannya, kamu harus nabung Rp10 juta. Apakah memungkinkan dengan pendapatanmu saat ini? Kalau sekiranya kamu masih bisa makan, bayar kos, dan memenuhi kebutuhan bulanan, berarti angka tersebut boleh jadi acuan tabungan traveling.

Menabung adalah prioritasmu (uncfsu.financialaidtv.com)

Jadikan prioritas 

Kalau kamu emang udah yakin banget mampu menabung sekian banyak, berarti mulai saat ini jadikalah angka tersebut sebagai prioritas. Pokoknya di awal bulan, kamu udah harus menyisihkan uang sebanyak Rp10 juta dan nggak bisa diganggu gugat walau ada gangguan apapun di depan. 

Kurangi biaya hiburan lain 

Kalau nabung Rp10 juta per bulan itu mepet banget sama kebutuhanmu, berarti harus ada yang dikorbankan. Misalnya, dalam setahun berarti kamu nggak boleh nonton ke bioskop, makan di restoran, karaoke, belanja, atau nongkrong-nongkrong, kecuali ditraktir. Ya, emang pait sih karena banyak hiburan yang harus dipangkas. Tapi ingat, kamu punya prioritas!

Semua demi traveling (passportsymphony.com)

Pisahkan tabungan

Biar nggak kecampur sama uangmu yang lain, bisa juga pisahkan tabungan khusus traveling. Antara kamu buka rekening baru atau coba tabungan emas. Memisahkan tabungan ini cukup penting lho. Kamu tentu nggak mau kan kalau ngerasa uang buat jalan-jalan udah terkumpul, eh taunya udah kepake buat belanja. 

Konsisten 

Hal paling penting dari semuanya adalah konsisten. Teruslah menabung sampai jumlah yang dibutuhkan terpenuhi. Mungkin di tengah-tengah kamu akan nyerah, karena pengen beli baju baru atau nongkrong cantik. Tapi ingat, perjuanganmu ini nggak akan sia-sia lho. Coba kalau lagi pengen nyerah, bayangkan dirimu nanti akan ada di tempat yang pengen banget kamu datangin.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"