Fakta Taman Srikserta, Taman Kerajaan yang Didirikan di Zaman Sriwijaya

Fakta Taman Srikserta, Taman Kerajaan yang Didirikan di Zaman Sriwijaya

Taukah kalo di Indonesia ada taman kerajaan pertama yang udah ada sejak lebih dari 1000 tahun lalu? Taman kerajaan ini berada di Palembang, tepatnya di kampung Talang Tuo. Di sini juga ditemukan prasati dari kerajaan Sriwijaya. 

Taman tertua ini diberi nama Taman Sriksetra dan usianya udah 1336 tahun. Pendirinya adalah sang raja sendiri yakni Raja Sriwijaya Sri Jayanasa pada 23 Maret 684 M.

Di sana terdapat tanaman kayak pohon kelapa, pinang, aren, sagu, dan lain-lainnya. Tanaman-tanaman itu juga bisa dinikmati oleh warga pada masa itu. Nah, nggak cuma ada tanaman aja, sang raja juga membangun bendungan dan kolam. Menarik, kan?

Prasasti talang tuwo (wikipedia.org)

Raja emang berharap supaya taman ini bisa membantu dan bermanfaat buat masyarakat. Misalnya mereka yang lapar bisa mengisi perut, lalu orang yang sedang dalam perjalanan juga bisa beristirahat di taman Srikstera ini. 

Di taman ini dulunya ditemukan prasasti pada tahun 1920. Prasasti itu adalah bukti peresmian taman yang ditemukan sama Alwi Lihan, seorang petani. Lalu, dilaporkan ke Louis Constant Westenenk.

Ilustrasi taman kerajaan (genpi.co)

Berdasarkan arkeolog dari Universitas Indonesia, prasati Talang Tuwo selain sebagai bukti adanya taman juga mencerminkan kesadaran estetika dan ekologi sejak abad VIII di sumatera. 

Posisi prasasti kemungkinan ada di dekat gerbang masuk taman. Tapi sayangnya, saat ini nggak banyak peninggalan dari taman yang tersisa. Pada tahun 1974, Hutan Adat Talang Tuwo berisi pohon kelapa, pinang, aren, bambu, dan perkebunan sawit.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"