Danau Terbesar di Kamboja, Sebelum ke Sana Kamu Perlu Tahu Hal-Hal Ini ....

Danau Terbesar di Kamboja, Sebelum ke Sana Kamu Perlu Tahu Hal-Hal Ini ....

Sebelum ke danau terbesar di Kamboja, kamu kudu tahu fakta menariknya.

Udah pada tahu belum tentang Danau Tonle Sap gengs? Ini adalah danau yang memiliki sistem sungai yang unik asal Kamboja.

Dalam bahasa Khmer, "Tonle" artinya adalah "Sungai besar air tawar", namun secara umum diterjemahkan oleh bahasa Kamboja dengan "Danau Besar".

Danau ini memiliki keindahan alam dan segudang fakta yang menarik untuk disimak gengs. Penasaran? Yuk kita simak ulasannya.

Danau Tonle Sap (cev.washington.edu)

Disahkan UNESCO

Karena danau terbesar di Kamboja ini memiliki sesuatu yang unik maka danau ini sudagh pasti terlibat dengan UNESCO dong.

Karena ada banyak keanekaragaman hayati di danau ini makanya ditetapkan sebagai biosfer dan disahkan oleh UNESCO sejak tahun 1997 silam.

Berubah ubah aliran

Tentunya kalian bakalan dibuat bingung sama danau yang ada di kamboja ini gengs. Soalnya alirannya bisa berubah setiap tahunnya.

Pasalnya pada saat musim kemarau tiba aliran air di danau ini akan masuk menuju sungai Mekong gengs. Namun saat musim penghujan tiba, maka arah air berubah dari sungai Mekong menuju danau ini.

Danau Tonle Sap (wikipedia.org)

Bisa mengembang dan mengecil

Emang unik banget deh danau Tonle Sap ini, katanya juga bisa mengembang dan mengecil gitu gengs. Waduh, kaya karet aja ya, hihihi.

Sebenarnya ya karena penjelasan musim tadi gengs, musim kering dan penghujan akan mempengaruhi pengembangannya dan penyusutan danau.

Pada musim panas biasanya danau relatif dangkal gengs, ya sekitar satu meter dengan luas area 2.700 kilometer persegi.

Tapi di musih hujan Tonle Sap bakalan membengkak sampai ukuran luas 16.000 kilometer persegi dengan kedalaman mencapai 9 meter. Ngeri!

Akibatnya, danau ini membanjiri dataran dan hutan di sekitarnya. Namun dataran banjir ini juga berguna untuk pengembangbiakan ikan gengs.

Oleh sebab itu, keanekaragaman hayati, dan banjir tahunan yang membawa tanah subur dari sungai Mekong gengs.

Hal ini membuat danau tersebut menjadi lahan perikanan darat paling produktif di dunia lho. Katanya sampai mampu menopang lebih dari tiga juta orang dan menyediakan 75 persen tangkapan ikan tahunan di Kamboja. Wow!

Katanya juga menjadi sumber sampai 60 persen asupan protein warga Kamboja. Nantinya di akhir musim penghujan, aliran air berbalik dan ikan terbawa ke aliran air Mekong.

Danau Tonle Sap (iucn.org)

Banjir merupakan bagian penting

Berdasarkan pengamatan oleh Pengamat nasional dan asing menyatakan kalau danau ini akan dengan cepat terisi endapan tanah. 

Namun, berdasarkan hasil penelitian mengenai sedimentasi baru-baru ini menyatakan bahwa sedimentasi danau berada dalam kisaran 0.1-0,16 mm/tahun sejak 5.500 tahun yang lalu. 

Jadi gak akan ada ancaman sedimentasi terhadap danau, bahkan proses ini merupakan bagian penting dari ekosistem lho gengs, Soalnya menyediakan nutrisi penting yeng memicu produktivitas dataran banjir.

Nah jadi itulah penjelasan beberapa fakta menarik tentang danau terbesar di Kamboja gengs. Gimana? Jadi tertarik ke sana?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"