Cocok Buat Healing, Ini Kota Tersepi di Indonesia!

Cocok Buat Healing, Ini Kota Tersepi di Indonesia!

Saat mendengar istilah 'kota', pasti yang ada dalam bayangan kita adalah suasana yang padat dan ramai. Padahal, ada juga lho kota yang cenderung sepi.

Di Jawa misalnya, coba deh kamu main ke Wonogiri atau Temanggung, pasti bakal beda rasanya kalau main ke kota besar seperti Semarang, Jogja, apalagi Jakarta. Nah, kalau perhitungannya itu seluruh negeri, mana ya kota tersepi di Indonesia? Ada yang tau nggak nih?

FYI nih Gengs, nggak selalu kok kota identik dengan keramaian atau macet, bahkan ada kota-kota yang justru terasa sepi dan nggak macet sama sekali. Nggak percaya? Daripada penasaran, yuk tengok daftar kota tersepi di Indonesia berikut ini!

Perhitungan kota tersepi ini berdasarkan seberapa banyak orang yang tinggal di setiap kilometer persegi (km2). Kalau semakin sedikit, berarti seharusnya semakin sepi, ya Gengs!

Contohnya begini, di Semarang, ada 4.162,8 orang per km persegi. Kalau di Wonogiri, per 2018 lalu ada 525 orang per km persegi. Dari sini, kelihatan kan bedanya mana yang lebih padat penduduk?

Kota Subulussalam (Kode Singkatan)

Lantas, di mana sih kota tersepi di Indonesia? Jawabannya nggak di Jawa, Gengs. Maklum, lebih dari separuh populasi Indonesia itu ada di pulau ini. Jadi, otomatis kota tersepi di Indonesia juga bakal ditemukan di pulau lain. Nah, penyandang status itu adalah Kota Subulussalam yang ada di Provinsi Aceh.

Kota ini berada di selatan Aceh dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara. Kota ini baru terbentuk pada 2007 lalu sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Singkil.

Bicara soal kepadatan penduduknya, hanya ada 67 jiwa per km persegi. Padahal, luas kota ini adalah 1.391 km 2 atau sekitar dua kalinya wilayah DKI Jakarta. Kebayang kan, sepinya?

Penduduknya sebenarnya nggak sedikit-sedikit amat, yakni 93.457 orang. Namun, karena luas wilayahnya lumayan besar, jadi jalanan bakal terasa lebih lengang daripada kota yang padat penduduknya. Sepertinya damai dan tenang, ya?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"