Berencana Liburan Sendirian Pertama Kalinya? Ikutin 3 Tips ini Biar Perjalananmu Lancar

Berencana Liburan Sendirian Pertama Kalinya? Ikutin 3 Tips ini Biar Perjalananmu Lancar

Tips biar solo traveling pertama kamu lancar dan bikin pengen lagi jalan sendirian!

Liburan sendirian itu emang seru dan menantang. Pastinya bakalan ngasih kamu pengalaman luar biasa karena ngurusin apa-apa sendiri, termasuk jalan, makan, dan tidur sendiri. Akhirnya kamu bakalan sadar kalo kamu ternyata berani juga lho berpergian sebatang kara dan malah bisa ketagihan. Nah, kalo kamu baru kepikiran untuk solo traveling tapi masih ragu-ragu dan takut ini-itu, coba simak dulu tips ini ya biar perjalananmu aman, nyaman, dan lancar sampai kembali ke rumah.

Berani jalan sendirian? (tripz.com)

Persiapan matang

Kalo biasanya setiap traveling ada teman-temanmu yang ngurusin semuanya, kini saatnya kamu mandiri, gengs. Lakukan semua persiapan dengan matang, mulai dari cari-cari tiket kereta atau pesawat, cari penginapan, transportasi selama di destinasi yang kamu tuju, sampai nyari tempat-tempat wisata yang pengen kamu datangin. 

Biar nggak bingung, mending bikin itinerary aja jadi semuanya lebih terencana. Kamu bisa mulai dengan mencatat lokasi yang pengen didatengin, transportasinya gimana, lalu susun yang jaraknya berdekatan sampai yang jauh.

Rencana yang matang bikin liburan lancar (tourvaranasi.com)

Pilih transportasi yang nggak bikin kamu bingung

Kalo kamu perginya masih di dalam negeri dan ke kota besar, mungkin transportasinya bakalan lebih gampang ya? Apalagi sekarang di kota-kota besar kan udah ada ojek atau taksi online yang bisa bikin kamu gampang buat ke mana-mana, tapi apa kabar kalo kamu pergi ke kota kecil atau luar negeri yang kendaraan umumnya belom pernah kamu naikin? 

Kalo kamu berani, tentu nggak jadi masalah mencoba transportasi umum di luar negeri. Pastinya bisa baca-baca dulu gimana cara beli tiketnya, tempat-tempat untuk naik kendaraan tersebut, sampai ke rute-rutenya. 

Lebih enak lagi kalo negara yang kamu datangin juga punya moda transportasi online. Kalo nggak berani? Mungkin bisa pilih sewa kendaraan seharian buat perjalanan yang jauh-jauh, terus bisa jalan kaki atau sewa sepeda kalo lokasinya masih dekat dari tempat kamu menginap.

Menikmati perjalanan (solotravelerworld.com)

Penginapan yang nyaman

Berhubung kamu bakalan nginep sendirian, mendingan cari penginapan yang nyaman deh. Apalagi ini kan pengalaman pertama kamu jalan sendirian. Jangan sampe kamu cari tempat yang kurang nyaman terus malah jadi nggak bisa tidur, bawaannya nggak tenang, atau malah ketakutan. Soalnya, banyak juga orang yang keseringan traveling rame-rame, eh pas nyobain solo traveling malah ngerasa takut waktu bagian tidur sendirian. 

Eits, nggak cuma nyaman sih, maksudnya juga aman. Soalnya, selain tidur yang lebih tenang, pas jalan-jalan kamu juga bakalan ngerasa aman ninggalin barang-barang di kamar. Untuk cari penginapan yang aman dan nyaman nggak selalu harus mahal kok, sebelumnya kamu mesti riset dulu aja dan baca review orang-orang di internet.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"