Asal Usul Kota Semarang, Dulunya Pelabuhan dengan Banyak Pulau Kecil

Asal Usul Kota Semarang, Dulunya Pelabuhan dengan Banyak Pulau Kecil

Kota Semarang terkenal dengan wisata Lawang Sewu dan Kota Tua. Kamu masih bisa melihat sisa bangunan tua model Belanda di Semarang. Suasananya jadi kayak masa lampau banget deh gengs. Menelusuri Kota Tua dan makan jajanan di taman atau pinggir jalan. Kayak duduk di tepi jalan dalam suasana masa lalu.

Selain tempat wisata, kota Semarang juga punya kisah yang panjang. Asal usul Kota Semarang berawal sejak abad ke 8 Masehi. Dulu wilayah Semarang adalah milik kerajaan Mataram Kuno. Sebagai daerah pelabuhan yang besar, ramai dan maju. Terus banyak pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Asal usul Kota Semarang berawal dari daerah pesisir utara yang mempunyai nama Pragota, dan saat ini bernama Bergota. Karena pengendapan yang lama akhirnya pulau-pulau kecil di sekitar pesisir pantai hilang.

Asal usul kota Semarang (YouTube)

Pada abad ke-15 Masehi, Pangeran dari Demak yang bernama Pangeran Made Pandan menyebarkan Islam ke kawasan Pragota. Dia dan anaknya meninggalkan kerajaan Demak dan mencari daerah baru. Sampailah mereka ke daerah asal usul kota Semarang.

Daerah itu juga semakin subur dengan banyak tanaman yang tumbuh dengan lebat. Hutan itupun dibuka dan didirikan pondok pesantren dan lahan pertanian. Di tempat baru tersebut Raden Made Pandan mengajarkan agama Islam kepada para pengikutnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"