Anti-Boncos, Ikuti 5 Tips Traveling saat Cuti Bersama dan Libur Lebaran 2022 Ini

Anti-Boncos, Ikuti 5 Tips Traveling saat Cuti Bersama dan Libur Lebaran 2022 Ini

Antusiasme masyarakat untuk traveling dan mudik ke kampung halaman diprediksi bakal meningkat pada Lebaran tahun ini. Hal tersebut diperkirakan terjadi setelah pemerintah mengumumkan cuti bersama dan libur Lebaran 2022 yang lebih panjang, yaitu 29 April hingga 6 Mei 2022. Apalagi sudah 2 tahun masyarakat tak merasakan euforia mudik dan bertemu dengan keluarga di kampung halaman.

Setelah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), tak sedikit dari mereka yang mulai merencanakan libur Lebarannya untuk berkunjung ke sanak saudara ataupun berwisata ke destinasi wisata impian. Namun, jangan sampai THR-mu langsung lenyap tak bersisa karena tak pandai mengatur keuangan, ya.

Sejalan dengan hal tersebut, Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies, mengatakan bahwa momentum Lebaran ini berpotensi membuat pundi-pundi jebol jika tidak diiringi dengan langkah cermat mengatur keuangan.

"Di tengah kondisi ekonomi yang masih dalam tahap pemulihan ini, masyarakat juga perlu untuk tetap bijak mengelola pengeluarannya, termasuk ketika momentum mudik Lebaran nanti," ujarnya dilansir dari Kumparan, Selasa (19/4/2022).

Nah, biar kantongmu nggak jebol, ada lima tips yang bisa kamu lakukan untuk menikmati libur Lebaran yang nyaman. Apa aja? Simak, ya!

Ilustrasi Piknik Saat Libur Lebaran (Prahu-Hub)

1. Cermat Anggarkan Bujet Khusus

Untuk menjaga arus keuangan tetap stabil, kamu perlu membuat anggaran khusus selama perjalanan nanti, mulai dari transportasi, akomodasi, biaya makan, hingga oleh-oleh.

Berhubung masih ada waktu cukup panjang sebelum Lebaran, kamu bisa mulai menyisihkan bujet dari beberapa pos keuangan kamu, selain THR mulai dari sekarang. Dengan demikian, THR yang kamu dapatkan masih bisa digunakan untuk kebutuhan lain atau bahkan ditabung.

2. Pintar Berburu Promo Biar Kantong Tetep Aman

Menjelang Lebaran biasanya akan ada banyak promo bertebaran yang ditawarkan. Kamu bisa menemukan banyak promo yang ditawarkan platform online, seperti e-commerce, Online Travel Agent (OTA), hingga di pusat-pusat perbelanjaan.

Selain itu, kemudahan akses keuangan yang lebih fleksibel dengan berbagai manfaat menarik bisa menjadi solusi buat kamu yang punya anggaran terbatas. Misalnya dengan penggunaan kartu debit atau kredit. Sebab, banyak promo dengan penggunaan metode pembayaran kartu debit maupun kredit.

3. Nggak Wajib Beli Oleh-Oleh

Sudah lama tidak mudik ke kampung halaman bisa jadi membuat kamu impulsif untuk membeli banyak cenderamata untuk dibagikan ke tetangga atau rekan kerja. Hal ini patut untuk diwaspadai karena akan membuat pengeluaran traveling kamu membengkak.

Kalaupun perlu membeli sedikit untuk kenang-kenangan, perhatikan lokasi oleh-oleh. Biasanya pasar tradisional atau tempat yang jauh dari lokasi wisata akan menawarkan barang dengan harga jauh lebih murah daripada toko khusus oleh-oleh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"