5 Gunung Berapi yang Memiliki Potensi Meletus Dalam Waktu Dekat

5 Gunung Berapi yang Memiliki Potensi Meletus Dalam Waktu Dekat

Peristiwa meletusnya gunung berapi kerap dianggap sebagai sebuah peristiwa katastropi yang besar. Dampak kerusakan alam karena peristiwa ini kerap merugikan masyarakat yang tinggal di sekitar gunung berapi.

Beberapa gunung berapi bahkan meletus dengan frekuensi yang cukup sering jika dibandingkan dengan gunung lainnya. Karena kondisi tektonik maupun vulkanik yang ada membuat kelima gunung di bawah ini sangat aktif dan dapat meletus sewaktu-waktu.

1. Gunung Berapi Taal

1. Gunung Berapi Taal Gunung berapi yang memiliki potensi untuk meletus (wikipedia.org)

Gunung berapi pertama yang sangat aktif dan berpotensi meletus dalam waktu dekan adalah Gunung Taal. Gunung ini terletak di Filipina, yang masih menjadi bagian dari 'Ring of Fire' Samudra Pasifik. Gunung berapi ini diawasi semenjak letusannya yang terjadi pada Januari 2020. Terhitung sekitar 20 juta orang tinggal di area gunung tersebut.

2. Gunung Merapi

2. Gunung Merapi Gunung berapi yang memiliki potensi untuk meletus (beritagar.id)

Jika Filipina punya Taal, Indonesia, tepatnya di perbatasan antara Yogyakarta dengan Jawa Tengah juga punya gunung berapi yang sangat aktif namanya Gunung Merapi. Gunung tersebut kerap diberitakan meledak. Dan yang paling terbaru bahkan awal bulan ini. Meski begitu letusan Merapi tergolong kecil, gunung ini hanya menyemburkan awan panas, lahar hingga tanah longsor.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"