5 Alasan KTP Wajib Dipakai Saat Check In di Hotel

5 Alasan KTP Wajib Dipakai Saat Check In di Hotel

Saat masuk ke hotel pasti melakukan proses check in  di hotel terlebih dulu di meja resepsionis. Pihak hotel akan bertanya soal identitas pribadi yakni Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Padahal kartu identitas selalu dibawa seperti SIM atau mungkin paspor. Lantas kenapa KTP selalu digunakan saat check in hotel.

Pengecekan Data Tamu

Pihak hotel bertanya soal KTP untuk mengecek atau memeriksa apakah nama yang di KTP sesuai dengan identitas nama tamu yang memesan kamar di hotel itu. Selain nama lengkap, pihak hotel mungkin akan melihat foto, usia, dan alamat di KTP tersebut apakah sesuai atau tidak.

Mencegah Kasus Penipuan

KTP yang disertakan dalam proses check in bisa mencegah terjadinya kasus penipuan. Misalnya ada orang yang mengaku-ngaku memesan kamar di hotel itu sesuai nama yang tercantum, tetapi orang tersebut tidak bisa menunjukkan KTP asli. Tentu hal seperti itu coba dihindari oleh pihak hotel.

KTP Wajib Dipakai Saat Check In di Hotel (Tribun Travel)

Faktor Keamanan

Selama tamu menginap di hotel, keamanan tamu tersebut menjadi tanggung jawab pihak hotel. Makanya jika terjadi sesuatu terkait masalah tamu tersebut, pihak hotel bisa langsung mengambil tindakan untuk menyelesaikan permasalahan itu. Makanya KTP saat check in di hotel wajib ditunjukkan.

Jaminan 

KTP bisa juga dijadikan jaminan untuk pihak hotel selama tamu menginap. Bisa saja tamu melakukan pelanggaran selama menginap di hotel tersebut, maka KTP yang diserahkan dijadikan jaminan untuk pihak hotel.

Data Hotel

Satu lagi proses check in wajib memakai KTP karena pihak hotel membutuhkan data-data dari tamu yang memesan dan menginap di hotel tersebut.  Data itu bisa jadi akan dianalisa terkait jumlah tamu yang mempengaruhi bisnis dan kemajuan hotel ke depannya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"