15 Januari 1759: British Museum Dibuka, Simak Fakta-fakta Uniknya!

15 Januari 1759: British Museum Dibuka, Simak Fakta-fakta Uniknya!

British Museum Dibuka

Taukah kalian sama British Museum? Museum ini termasuk yang tertua di dunia. Gimana nggak, British Museum udah dibuka sejak 15 Januari 1759. 

Selain itu, museum di London, Inggris ini adalah yang terbesar dan terpenting dalam sejarah dan budaya. Yuk, simak fakta-fakta uniknya berikut.

1. Paling sering dikunjungi

British Museum (britishmuseum.org)

British Museum termasuk salah satu museum nasional Inggris yang paling sering dikunjungi. Ada hampir 7 juta orang setahun yang mengunjunginya.

Saat pertama dibuka pada 1759, museum ini lebih eksklusif. Emang dibuka untuk umum pada saat itu. Tapi, pengunjung harus membuat proposal tertulis untuk mendapat tiket. Saat udah diterima, hanya 10 tiket yang dibagiin setiap jamnya.

2. Melahirkan institusi lainnya

Melansir Londonist.com, British Museum awalnya terbentuk saat Sir Hans Sloane menawari parlemen kesempatan membeli karya seni, barang antik, dan koleksi sejarah. 

Dulu National History Museum adalah bagian dari British Museum. Namun, akhirnya dipisahkan pada 1963. Setelah itu, British Library juga mengalami hal sama yang memisahkan diri pada 1973 dari British Museum.

3. Koleksi Mesir Kuno yang banyak

antrean ke museum di tahun 1972 (biritshmuseum.org)

British Museum punya koleksi seni Mesir Kuno yang terlengkap dan terbesar. Jumlahnya lebih dari 100 ribu rupiah. Ini terbesar kedua setelah Museum Mesir di Kairo. Kemudian koleksinya juga terdiri dari obyek dari semua priode dan lokasi penting di Mesir Kuno dan Sudan.

Koleksi-koleksi ini mengisahkan kebudayaan Lembah Sungai Nil dengan rentang waktu lebih dari 11 ribu tahun sejak masa Prasejarah Neolitik sampai masa Kristen Koptik.

4. Lebih tua usianya dari Amerika Serikat

Ini cukup unik, soalnya British Museum ternyata lebih tua dari usia negara AS. Museum ini didirikan 1753 dan dibuka pada 1759, 17 tahun sebelum deklarasi kemerdekaan AS.

5. Dulu punya stasiun bawah tanah



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"