Tren Makanan Masa Depan Tuh yang Terbuat dari Udara Loh~

Tren Makanan Masa Depan Tuh yang Terbuat dari Udara Loh~

Kacang kedelai pernah digadang-gadang bisa jadi alternatif makanan masa depan. Tapi kini tren itu bergeser. Sebab, angin bisa jadi alternatif makanan manusia di masa depan.

Wow, makan angin gitu? Kayaknya sih begitu. Tapi tenang, semua ini ada penjelasannya.

Makanan yang terbuat dari udara itu ditemukan oleh seorang ilmuwan dari Finlandia. Bersama timnya, mereka menemukan makanan unik yang TIDAK dibuat dari bahan makanan pada umumnya. Tapi udara.

Ini nih yang namanya solein (forbes.com)

Makanan terbuat dari udara ini ditemukan setelah para ilmuwan menyadari bahwa lahan pertanian semakin berkurang. Terjadi alih fungsi lahan di mana-mana. Terutama untuk dijadikan bangunan.

Fenomena ini pun mendorong ilmuwan yang tergabung dalam kelompok Solar Food di Finlandia. Mereka pun membuat prototipe makanan masa depan yang terbuat dari udara dan listrik.

Btw, makanan itu disebut 'solein'. Solein adalah terdiri dari protein yang bentunya kayak bubuk gandum gitu. Solein terbuat dari proses ilmiah, menggunakan air yang dialiri listrik untuk menghasilkan karbon dioksida dan hidrogen.

Makanan masa depan yang dibuat dari udara (foodnavigator.com)

Dari proses tadi, bahan-bahan dimasukkan ke dalam produksi akhir yang nantinya akan berfermentasi. Nah, hasil fermentasi itulah yang bakal diolah jadi solein.

Solein sendiri mengandung 50 persen kandungan protein yang tentunya baik untuk kebutuhan nutrisi tubuh. Solein bisa digunakan untuk berbagai aneka jenis makanan loh. Bisa juga dicetak ke dalam bentuk yang beragam.

"Makanan bebas pertanian ini menciptakan kemungkinan menakjubkan untuk menyelamatkan manusia dan planet," kata Dr. Pasi Vainikka, dikutip dari DetikFood.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"