Ternyata Begini Cara Seasoning Panci atau Wok Stainless Steel Agar Gak Lengket, Bye Bye Wajan Teflon Gak Sehat~

Ternyata Begini Cara Seasoning Panci atau Wok Stainless Steel Agar Gak Lengket, Bye Bye Wajan Teflon Gak Sehat~

Kamu tahu, bahwa alat masak berbahan stainless steel adalah yang paling bagus dan aman untuk memasak? Stainless steel berbeda dengan alat masak bahan aluminium, teflon, dan alat masak anti lengket lain yang mengandung bahan berbahaya untuk makanan. 

Meskipun begitu, alat masak berbahan stainless, terutama wajan/wok tak bisa langsung digunakan begitu saja. Sebab ia harus di-seasoning terlebih dahulu agar tidak lengket sehingga lebih nyaman ketika digunakan.

Mengapa harus di-seasoning atau dibumbui? Itu karena wajan yang terbuat dari logam baja yang memiliki pori. Jadi lebih mudah bikin lengket. 

Biar gak penasaran, langsung aja yuk cek cara seasoning yang benar agar wajan stainless steelmu jadi antilengket!

1. Untuk seasoning wajan, kamu perlu menggosoknya dengan spons dan sabun untuk menghilangkan semua minyak pabrik dan debu yang terkumpul di dalam panci selama pengiriman. Ini akan menjadi satu-satunya momen kamu perlu menggunakan sabun dan spons abrasif untuk membersihkan panci

Mencuci wajan stainless steel dengan sabun (wikihow.com)

2. Isi wastafel dengan air sabun panas. Atau cukup cuci wajan dengan air panas dan sabun. Gosok bagian dalam dan luar wajan dengan sabut gosok. 

Bilas wajan sepenuhnya.

Wajan kering dengan handuk bersih dan kering.

Letakkan di atas kompor dengan api sedang-tinggi agar wajan benar-benar kering dan air yang tersisa menguap.

3. Sekarang siapkan minyak goreng.

4. Panaskan wajan dengan api besar untuk membuka pori-pori logam. Wajan akan menjadi sangat panas dan mengeluarkan asap, jadi pastikan ruang di sekitar kompor kamu bersih. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"