Rumah Makan Nasi Padang Tidak Ada di Sumatera Barat, Benarkah?

Rumah Makan Nasi Padang Tidak Ada di Sumatera Barat, Benarkah?

Nasi Padang  merupakan makanan yang menjadi salah satu kuliner khas Indonesia dari Sumatera Barat. Mau makan makanan tersebut bisa mendatangi rumah makan Nasi Padang yang hampir ada di seluruh Indonesia dengan harga yang tidak menguras isi kantong.

Meski rumah makan Nasi Padang gampang ditemui di wilayah Indonesia, kabarnya rumah makan tersebut justru tidak ada di Sumatera Barat. “Kalau di luar daerah Sumatera Barat mereka perlu penamaan makanan Padang, tapi kalau di Sumatera Bara mereka tidak menggunakan nama rumah makan Padang, cukup merk saja,” kata Reno Andam Suri, penulis buku Rendang Traveler dilansir dari Kompas.com.

Reno mengatakan bahwa di Sumatera Barat tidak akan pernah menemukan rumah makan Padang seperti di luar Sumatera Barat dengan menyajikan semua makanan khas Padang. Rumah makan di Sumatera Barat menjual makanan yang spesifik, tidak sebanyak di daerah luar Sumatera Barat.

Rumah Makan Nasi Padang Tidak Ada di Sumatera Barat, Benarkah (Solopos.com)

Ia memberikan contoh semisalnya rumah makan bernama Lamun Ombak yang khusus menjual makanan Padang serba gulai. “Mau mencoba ayam goreng bisa pergi ke restoran Pagi-Sore yang ada di daerah Pecinan, kalau mau dendeng bisa ke daerah Solok, karena daerah di sana jauh-jauh lokasinya jadi mereka punya macam spesifik,” bilang Adam.

Untuk bentu menu sendiri, tidak terlalu banyak alami perbedaan. Jika gulai nangka di Jawa digunakan sebagai pelengkap, justru di Sumatera Barat dijadikan lauk. Gulai nangka memiliki potongan yang besar sampai kecil. Kalau di Sumatera Barat biasanya gulai ikan menggunakan ikan gambolo.

Mungkin yang paling jadi pembeda adalah harga seporsi Nasi Padang di beberapa daerah berbeda-beda. Misalnya harga seporsi Nasi Padang yang dijual di Papua tentu lebih mahal dibandingkan di tanah Jawa karena memang distribusi bahan yang lebih jauh dan memakan waktu lama.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"