Microgreen Solusi Jitu Ketahanan Pangan Nasional di Tengah Pandemi yang Berkepanjangan

Microgreen Solusi Jitu Ketahanan Pangan Nasional di Tengah Pandemi yang Berkepanjangan

Sudah beberapa minggu kita terkurung di rumah aja, ya semua itu di karenakan corona yang berkepanjangan.Duh sedih banget gak sih?

Akibatnya... beberapa sektor gulung tikar yang mengakibatkan banyak phk di mana-mana. Kalau begini terus gimana nih nasib kita?

Sebenarnya sih ada solusi gengs, sudah pernah dengar microgreen? 

Apa itu Microgreen

Apa itu Microgreen Microgreen (Medicalnews.com)

Dilansir dari Hellosehat.com, Microgreens adalah bibit sayuran yang dipanen saat masih sangat muda, berkisar 7-14 hari setelah mulai berkecambah dan muncul daun mudanya gengs. 

Tergantung dari jenisnya, sayuran microgreen umumnya memiliki rasa yang eksotis dan menyengat — bisa netral, pedas, pahit, asam, atau bahkan bercita rasa rempah yang kuat.

Yang umumnya termasuk sayuran microgreens adalah bayam, arugula, lobak, kemangi, seledri, selada air, ketumbar, peterseli, seledri, kucai, daun bawang, kubis, kembang kol, bit, dan brokoli. Beberapa jenis kacang, seperti kacang polong dan kacang Arab juga termasuk microgreens.

Karena ukurannya mini, microgreen bisa kita tanam sendiri di rumah sekaligus menjadi tanaman penghias ruangan. Sayuran mungil ini juga bisa dibeli versi siap olahnya di pasar atau supermarket terdekat. Solusi banget bukan?

Keuntungan Microgreen ditengah pandemi

Memiliki manfaat kesehatan

Sayuran muda masih mengandung vitamin, mineral, antioksidan, betakaroten, minyak nabati, dan protein yang lebih lengkap daripada sayuran dewasa. 

Kandungan antioksidan tinggi dalam sumber makanan nabati telah terbukti bermanfaat untuk kesehatan dan mencegah berbagai penyakit kronis — seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga kanker. Cocok banget bukan?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"