Makan Mi Instan Jangan Pake Nasi Lagi, Soalnya Bikin Gula Darah Jadi Tinggi ... Begini Kata Ahli

Makan Mi Instan Jangan Pake Nasi Lagi, Soalnya Bikin Gula Darah Jadi Tinggi ... Begini Kata Ahli

Makan mi instan mungkin bisa jadi solusi bagi sebagian orang saat lapar melanda. Tapi kalo boleh jujur, makan mi instan satu porsi aja biasanya masih kurang kenyang.

Nah, banyak orang mengakali hal ini dengan menambahkan seporsi nasi putih. Biar kenyang. Padahal kenyataannya, cara ini dianggap kurang sehat gengs.

Siapa nih yang punya kebiasaan begini? (Twitter @EnjoyKuis)

Hal ini diungkap langsung oleh ahli gisi Dr. Samuel Oetoro MS, SP, GK. Dr. Samuel bilang kalo kita memaksa mencampurkan nasi putih dan mi instan bakal ada efek yang kurang sehat bagi tubuh.

"Mie instan itu mengandung karbohidrat dari tepung yang diolah berulang, ditambah lagi dengan nasi putih yang mengandung karbohidrat juga. Bila keduanya dimakan bersama, gula darah akan cepat naik," kata Dr Samuel Oetoro, dikutip dari Kompas.

Selain itu, Dr. Samuel juga mengatakan bahwa kebiasaan mengonsumsi mie instan dicampur nasi putih hanya membuat tubuh kita cuma terisi karbohidrat. Selanjutnya, karbohidrat itu akan berubah menjadi gula.

Akibatnya, tubuh kita akan kekurangan zat gizi lain yang dibutuhkan. Mulai dari mineral, protein, vitamin, dan lemak.

Padahal makan mi seporsi aja sering kurang, jadi pake nasi deh~ (unsplash.com)

"Sudah makan nasi ditambahin lagi mi instan, itu parah. Jadi double karbohidrat," kata Dr. Samuel.

Dampak lebih lanjut dari kebiasaan makan mi instan ditambah dengan nasi putih adalah risiko diabetes yang menghantui kamu. Risikonya bisa meningkat dibanding jika kamu banyak makan sayur dan buah-buahan.

"Penyakit yang akan cepat datang itu seperti diabetes, kencing manis, dan lain sebagainya yang berkaitan engan peningkatan gula darah," lanjut ahli gizi dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi tersebut.

Makanya, saran dari Dr. Samuel adalah makan mi instan jangan pake nasi lagi. Sebaiknya sih dikurangi juga kalo misalnya kamu udah terbiasa makan mi instan dengan cara seperti itu.

Hal ini bisa bikin kita kekurangan gizi (unsplash.com)

Soalnya, mi instan dan nasi putih sendiri sama-sama memiliki karbohidrat. Meski begitu, kamu harus memilih salah satunya. Bukan mencampurkan keduanya jadi satu. Karbonya double gengs!

Coba kita menghitung kalorinya juga nih.

Satu bungkus mi instan biasanya punya porsi yang bervariasi. Antara 75-90 gram, dengan jumlah kalori per bungkus yang secara umum antara 350-500 kalori loh!

Jika dirata-rata, mi instan yang beratnya 85 gram mengandung 460 kalori, 18,8 gram lemak, 9 gram protein, dan 66 gram karbohidrat.

Kamu bakal kelebihan karbohidrat dan memicu munculnya diabetes (cookpad.com)

Sementara satu centong penuh nasi putih setara dengan 100 gram. Kandungannya adalah 175 kalori, 0,2 gram lemak, 4 gram protein, dan 40 gram karbohidrat.

Kalo keduanya disatukan, maka kamu mengonsumsi sebanyak 106 gram kalori gengs! Itu juga kalo nasinya cuma secentong doang lho. Dan karena kamu semua udah tau tentang hal ini, kalo gitu segera kurangi ya kebiasaan ini ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"