Indonesia, semua tahu negara ini salah satu penghasil kopi terbaik, memiliki kaya rasa, mutu tinggi, dan yang paling unik yaitu dihasilkan dari berbagai daerah yang berbeda. Brand kopi yang sudah terkenal ditelinga kita sebut saja Kopi Gayo, ijen, Java Preanger, Blawan, Flores, Toraja, Kintamani dan masih banyak lagi. Saking banyak dan beragam para pakar kopi tidak bisa menyatakan tidak ada kopi yang rasanya bisa dianggap Kopi Indonesia banget gitu.
Bonu Pudjianto, Direktur Pengembangan Pasar Luar Negri Bekraf mengatakan “Sebagai penanda kopi yang Indonesia banget dengan cara melakukan promosi besar-besaran memperkenalkan kata Kopi bukan Coffee ke berbagai negara di dunia. Kata kopi di gunakan di Indonesia dan Malaysia”.
Bekraf Promosi brand Kopi ke Amerika dan Kanada pada 13-24 April, harapan besar akan menciptakan cafe-cafe di dua negara besar tersebut dengan brand “Kopi” Indonesia. Sister Cafe sebagai sebutan kerjasamanya.
Dengan demikian diharapkan bisa menambah kredibilitas bahwa produk Kopi tersebut telah memalui proses pengolahan terbaik dari berbagai daerah di Indonesia serta tidak menghilangkan identitas daerah penghasilnya.
Selama Roadshow Bekraf memberikan dukungan dengan cara membiayai branding dan promosi. Mereka juga mendatangkan pakar roaster dari Amerika untuk Indonesia memberikan workshop cara roasting biji kopi yang sesuai dengan lidah Amerika. Selain itu sepanjang Roadshow di kedua negara tersebut Bekraf menampilkan barista terbaik, mengadakan kompetisi roasting kopi, coffe talk, bussiness meeting, pada gelaran Global Specialty Coffe Expo (GSCE).
Bekraf juga mengikutsertakan Brand Kopi lokal dan para pemilik kafe, hingga lembaga pembiayaan yang sudah tidak asing di telinga kita yaitu Filosofi Kopi, Anomali, Kopi Boutique, Upnormal, Traffique dan lain sebagainya dalam acara Promosi brand ke Amerika dan Canada.