Ini Dia 7 Manfaat Seafood, Buat Kalian yang Belom Tau Aja Nih ...

Ini Dia 7 Manfaat Seafood, Buat Kalian yang Belom Tau Aja Nih ...

Buat kalian yang belom tau, ini dia tujuh manfaat seafood. Simak deh.

Semenjak menjabat, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti udah mengimbau pada kita semua untuk rajin-rajin makan makanan laut. Kalo nggak kita "D-I-T-E-N-G-G-E-L-A-M-K-A-N" gengs! Mau?

Makan makanan laut deh, diliatin Bu Susi tuh! (cnnindonesia.com)

Hehehe, ya meski keliatannya serius, itu cuma bercandaan aja kok. Sebab, makan seafood tuh emang penting gengs buat kita. Makanan-makanan laut itu mengandung nutrisi dan manfaat lainnya yang tinggi untuk menjaga kesehatan kita gengs.

Lagian nggak ada alesan lagi buat kalian untuk nggak suka seafood sih. Negara kita kan negara maritim, sumber makanan laut tentu mudah didapat. Terjangkau lah. Tapi emang apa aja sih manfaatnya?

Nah, buat kalian yang belom tau nih ... simak deh deretan manfaat yang bisa kalian peroleh kalo rajin-rajin makan seafood seperti dilansir Kompas.com berikut ini.

Lagian enak juga kok makan seafood (wideopeneats.com)

1. Meningkatkan kesehatan mata

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet kaya asam lemak omega-3 dari makanan laut akan mengurangi kemungkinan risiko masalah penglihatan. Terutama yang sudah berumur nih.

Mengonsumsi seafood seperti ikan dan varietas kerang secara teratur juga bisa meningkatkan penglihatan kita di malam hari. Mata kita juga akan tetap sehat deh.

2. Meningkatkan imunitas

Seng (zinc) merupakan nutrisi penting agar sistem kekebalan tubuh berfungsi maksimal. Manfaat itu bisa diperoleh dari mengonsumsi seafood gengs. Mulai dari kepiting, udang, kerang, sampe kepiting. Semuanya mengandung banyak zinc gengs.

Makan ikan juga bisa memberi tubuh kita vitamin A, selenium, dan asam lemak omega-3. Semua nutrisi tersebut akan membantu tubuh kita melawan patogen asing. Jadi, kekebalan tubuh kita akan terjaga dengan baik.

Manfaat makan makanan laut buat tubuh banyak loh (medicalnewstoday.com)

3. Melindungi jantung

Asam lemak omega-3 tuh baik untuk kesehatan jantung kita. Penelitian juga menunjukkan bahwa makan seporsi ikan per minggu bisa mengurangi risiko serangan jantung, aritmia, hingga stroke.

4. Fungsi otak dan daya ingat kita menguat

Seafood ternyata bisa meningkatkan perkembangan otak pada anak-anak dan remaja lho. Seafood bahkan bisa meminimalisir atau memperlambat dampak buruk penuaan pada otak.

Materi abu-abu dalam otak kita akan terlindungi berkat makan seafood. Memori kita akan meningkat dan mengurangi risiko terserang alzheimer.

5. Meningkatkan suasana hati

Makan seafood tuh emang bikin hepi kok. Ini semua emang berasal dari otak. Jadi, selain meningkatkan fungsi kognitif, pusat emosi juga mendapatkan manfaat tuh dari rajin-rajin mengonsumsi seafood.

Sebuah studi menemukan bahwa makan makanan laut bisa memepengaruhi depresi secara positif serta berfungsi juga sebagai obat anti-depresan.

Makan seafood lah, sehat pasti gengs ... (earth.com)

6. Mengurangi kemungkinan radang sendi

Makanan laut seperti ikan emang kaya akan asam lemak omega-3 dan zat itu bisa meredakan nyeri sendi loh. Secara bersamaan, zat itu juga bisa mengurangi kekakuan di tubuh kita. Biar nggak dibilang, "masih kaku aja nih," hehehe.

Seafood tuh sumber vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium. Perkembangan tulang pada anak-anak juga akan baik kalo rajin makan seafood. Buat orang dewasa, risiko radang sendi juga bisa dikurangi loh.

7. Menjaga keindahan kulit

Seafood bisa membantu menjaga kulit tetap lembab sekaligus melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya.

Soal ini juga telah dijelaskan melalui penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi seafood bisa mengurangi jerawat. Kondisi kulit sebagian besar dipengaruhi oleh pola makan kita daripada produk perawatan kulit yang kita gunakan. Hmm ....

Nah, gimana, udah nggak ada alesan lagi deh untuk nggak makan seafood gengs. Simak baik-baik penjelasan di atas, segara makan seafood. Kalo bisa sih rutin, nggak perlu setiap hari juga sih. Dan ... rasakan dampak positifnya buat tubuh kita.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"