Enggak Sembarangan, Ternyata Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi

Enggak Sembarangan, Ternyata Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi

Kopi mengandung kafein, yang merupakan stimulan alami. Itu artinya, kopi dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan detak jantung dan pengeluaran energi tubuh. Itulah kenapa minum kopi di pagi hari, setelah bangun tidur tidak dianjurkan karena di waktu itu hormon kortisol alami tubuh sedang tinggi. 

Namun, jika kamu termasuk orang yang suka berolahraga di pagi hari, meminum kopi hitam terlebih dahulu dapat meningkatkan performa fisik dan mendukung pembakaran lemak, sedangkan mengonsumsinya setelahnya juga dapat membantu pemulihan otot.

Asalkan tidak meminumnya di pagi hari dengan perut kosong. Minum kopi dengan perut kosong dapat memicu produksi asam lambung sehingga berpotensi menimbulkan rasa tidak nyaman. 

Jadi, kamu bisa minum kopi setelah makan sarapan atau ngemil. Hal ini juga mengurangi risiko lonjakan kadar kortisol, yang sudah mencapai puncaknya pada pagi hari setelah kamu bangun tidur.

Bagaimana dengan Minum Kopi Sore Hari?

Minum kopi siang hari lebih bagus daripada minum kopi sore hari (primayahospital.com)

Setelah makan siang, tingkat energi kita lebih rendah dan secangkir kopi pada saat itu dapat menjadi penyemangat. Kopi di siang hari lebih efektif daripada kopi di sore hari. Karena kadar kortisol menurun secara alami di sore hari, kafein dalam kopi dapat meningkatkan kewaspadaan dan memberimu peningkatan energi yang kamu butuhkan.

Namun, mengingat kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan, jangan minum kopi setelah jam 4 sore, terutama bagi mereka yang kesulitan untuk tidur di malam hari. Hal ini dapat mengganggu pola tidur, karena kafein, dengan perkiraan umur delapan jam, masih dapat hadir dalam sistem menjelang tidur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"