6 Makanan yang Tidak Boleh Dipanasin Lagi, Bisa Berbahaya Bagi Tubuh!

6 Makanan yang Tidak Boleh Dipanasin Lagi, Bisa Berbahaya Bagi Tubuh!

Sisa makanan bisa menjadi penyelamat ketika dalam keadaan sangat lapar dan tak sempat masak. Memasukkan sepiring sisa makanan semalam ke dalam microwave tentu sangat praktis dan mudah.

Sayangnya, memanaskan kembali makanan tertentu dapat membuat kamu berisiko keracunan makanan atau lebih buruk lagi. Agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Berikut ini adalah beberapa makanan yang tidak boleh kamu panaskan ulang untuk alasan keamanan.

1. Kentang

Kentang tumbuk (klikdokter.com)

Memanaskan kembali kentang sebenarnya bukanlah proses menghangatkannya di microwave atau oven. Jika kentang yang sudah dimasak terlalu lama dibiarkan dingin pada suhu ruangan, bakteri penyebab botulisme dapat terbentuk. Ini sebenarnya lebih mungkin terjadi jika kentang dibungkus rapat dengan kertas aluminium.

Pemanasan ulang tidak selalu membuat kentang cukup panas untuk membunuh bakteri, bahkan jika hidangannya tampak panas sekali. Jika kamu tidak memasukkan kentang ke dalam lemari es tepat setelah disajikan, kamu berisiko keracunan kentang sisa kemarin.

2. Jamur

Jamur mengandung protein yang dapat dirusak oleh enzim dan bakteri jika tidak disimpan dengan baik. Misalnya dengan dibiarkan terlalu lama pada suhu kamar. Memanaskan kembali dan mengonsumsi jamur yang sudah membusuk dengan cara ini bisa membuat kamu sakit perut.

Jika kamu benar-benar harus memanaskan kembali jamur, coba untuk menghangatkannya hingga setidaknya 70 derajat celcius.

3. Ayam

Lydia Buchtmann, juru bicara Dewan Informasi Keamanan Pangan, mengatakan bahwa secara teknis tidak apa-apa untuk memanaskan kembali ayam. 

Namun, kamu perlu memastikan bahwa setiap bagian ayam telah mencapai suhu setidaknya 79 detajat celcius untuk memastikan bakteri berbahaya terbunuh. Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan termometer memasak. Selain itu, kamu perlu memastikan ayam yang sudah matang disimpan di bawah 5 derajat Celcius setiap saat jika kamu berencana untuk memanaskannya kembali, dan kamu harus membuang ayam matang yang sudah ada lebih dari tiga hari.

4. Telur

Memanaskan kembali telur yang telah didiamkan sebentar saja bisa berbahaya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"