Sama-sama Berwujud Wanita Cantik, Ini Bedanya Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong

Sama-sama Berwujud Wanita Cantik, Ini Bedanya Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong

Nyi Roro Kidul  dan Nyi Blorong  konon memiliki wujud yang hampir sama karena memiliki wajah yang cantik. Keduanya pun tinggal di istana gaib yang berada di pantai selatan Jawa. Menurut informasi Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Berikut ulasannya.

Nyi Roro Kidul disebut sebagai penguasa laut selatan Jawa. Menurut mitos Nyi Roro Kidul mengenakan pakaian berwarna hijau. Saking kesohornya beberapa tempat dijadikan lokasi khusus untuk menyambut Nyi Roro Kidul, mulai dari di kawasan Yogyakarta dan Sukabumi, Jawa Barat.

Terkait asal-usul Nyi Roro Kidul pun terdapat dua versi. Veri pertama menjelaskan bahwa Nyi Roro Kidul merupakan putri asal Sunda. Ia merupakan anak dari Prabu Siliwangi ke IV yang memiliki nama asli Putri Kadita. Putri Kadita diceritakan tak memiliki hubungan baik dengan keluarganya

Sama-sama Berwujud Wanita Cantik, Ini Bedanya Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong (Liputan6.com)

Bahkan saat itu dia melarikan diri ke pantai selatan karena mengalami masalah pada kulitnya. Putri Kadita hendak menceburkan ke pantai selatan untuk mengakhiri hidupnya. Namun justru saat menceburkan diri dia seperti mendapatkan kesembuhan dari masalah kulitnya dan wujudnya menjadi sosok yang cantik. Sejak saat itu ia menjadi pengabdi pantai selatan.

Sementara menurut versi lainnya, Nyi Roro Kidul merupakan sosok yang menyelamatkan kerajaan Mataram dari kehancuran. Nyi Roro Kidul adalah putri kerajaan Pajajaran yang diusir karena menolak dijodohkan dengan pria lain. Karena menolak menikah akhirnya ayahnya mengutuknya menjadi roh halus di pantai selatan.

Bagaimana dengan Nyi Blorong? Jika Nyi Roro Kidul wujudnya seperti manusia, berbeda dengan Nyi Blorong. Nyi Blorong adalah wujud makhluk halus setengah manusia dan setengah hewan yakni ular. Bagian pinggang ke atas ia sosok manusia cantik sementara pinggang ke bawah berbadan ular.Ia sering memakai pakaian hijau makanya dianggap Nyi Roro Kidul.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"