Wah, Air Terjun Sedudo Berubah Warna Jadi Hitam, Kenapa Nih?

Wah, Air Terjun Sedudo Berubah Warna Jadi Hitam, Kenapa Nih?

Beberapa hari belakangan, sebuah kabar heboh datang dari kawasan objek wisata air terjun Sedudo, Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Aliran air terjun itu berubah warna gengs. 

Aliran air yang tadinya jernih, belakangan berubah warna jadi hitam pekat. Selain itu, debit airnya pun meningkat dari biasanya.

Kejadian yang menghebohkan ini terjadi bersamaan dengan hujan deras yang mengguyur Kecamatan Sawahan dan sekitarnya pada Kamis (8/11/2018) lalu. Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB memberikan penjelasan soal ini.

Seperti dikutip dari Tribunnews.com, Sutopo menjelaskan penyebab aliran air tersebut jadi berwarna hitam. Katanya, itu bukan karena pasir, melainkan akibat abu kebakaran hutan pada musim kemarau sebelumnya.

Objek wisata Air Terjun Sedudo (netralnews.com)

Sutopo menambahkan bahwa abu itu bercampur dengan air hujan yang mengguyur kawasan tersebut.

"Berubahnya warna hitam air terjun Sedudo di bukan karena aliran pasir. Tetapi material abu bekas kebakaran hutan saat kemarau sebelumnya. Hujan di bagian hulu menghanyutkan material kebakaran hutan, sehingga debit air terjun berwarna hitam. Kejadian itu hanya sesaat," tulis Sutopo dalam akun Twitter-nya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"