Viral Penipu Merch K-Pop Puluhan Juta, Berkedok "Pinjam Dulu Uangnya, Nanti Aku Ganti"

Viral Penipu Merch K-Pop Puluhan Juta, Berkedok "Pinjam Dulu Uangnya, Nanti Aku Ganti"

Sebuah kasus penipuan jual beli online kembali terkuak melalui cuitan yang viral di Twitter. Kali ini pelakunya merupakan penjual merchandise K-pop berupa photocard. 

Berita penipuan ini mulanya dikirimkan melalui base anonim @tubirfess, kemudian kasus ini viral dan disukai 17 ribu pencuit.

Cerita Rekan Korban Penipuan Berkedok Merch K-Pop (Twitter)

Pelaku menjual merchnya yang hanya bisa dibeli secara borongan di Twitter. Ia juga mencuitkan bahwa penjualannya tidak bisa menggunakan perantara e-commerce dan pembayaran langsung melalui rekening bank. 

Karena hanya bisa dibeli borongan, korban bersama rekan-rekannya patungan untuk membeli seluruhnya senilai Rp 3 juta. Setelah korban mentransfer uangnya, pelaku menjanjikan akan mengirim di hari Jumat pekan lalu. 

Namun, alih-alih mendapat pemberitahuan sudah dikirim, pelaku mengabarkan bahwa ia sedang isolasi mandiri lantaran ayahnya terjangkit Covid-19. 

Pelaku mengubah jadwal kirimnya menjadi minggu depan. Tetapi seluruh akun sosial media pelaku tidak dapat ditemukan per hari Selasa (16/2/2021) lalu. 

Pelaku yang diduga  bernama Ananda Cyntia sempat aktif kembali dan mengungkap alasannya menipu semata-mata karena ingin 'meminjam' uang korban. 

Ia mencuitkan permintaan maaf karena telah menjadikan para pembelinya 'korban' dan mengaku tidak memiliki merch yang ia promosikan sebelumnya. 

Pelaku butuh uang lantaran ayahnya meninggal akibat Covid-19 dan harus menghidupi adik serta dirinya tanpa orang tua. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"