Tragedi Kecelakaan Pesawat Terbang Paling Mengerikan di Indonesia

Tragedi Kecelakaan Pesawat Terbang Paling Mengerikan di Indonesia

Pesawat terbang  di Indonesia beberapa kali mengalami kecelakaan  besar. Mulai dari jatuh di perairan laut, hingga jatuh di darat dan memicu ledakan. Ratusan penumpang sudah meninggal dunia menjadi korban. 

Ada yang jasadnya ditemukan, ada yang sampai sekarang masih hilang. Semoga keluarga para korban diberikan ketabahan. Berikut ini beberapa kecelakaan pesawat terbang yang pernah ada di Indonesia. 

1. Garuda Indonesia di Sumatera Utara

Pesawat Garuda Indonesia pada 1997 mengalami kecelakaan. Pesawat Airbus 1300-B4 dengan nomor penerbangan GA152 jatuh di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Pesawat tersebut jatuh saat hendak mendarat di Bandara Polonia, Medan. 

Dalam kecelakaan itu menewaskan 222 penumpang dan 12 awak penumpang. Meski sudah 24 tahun berlalu, namun kecelakaan yang diduga karena ada asap tebal pembakaran hutan masih diingat sampai sekarang.

Kecelakaan Pesawat Terbang di Indonesia (Liputan6.com)

2. Mandala Air di Sumatera Utara

Masih terjadi di Sumatera Utara, pesawat Mandala Air dengan nomor penerbangan RI-091 jatuh dan meledak usai lepas landas di Bandara Polonia Medan pada tahun 2005. Pesawat yang membawa 94 penumpang dan 5 awak tersebut meledak setelah jatuh di darat. 

Tak ayal kejadian tersebut juga menewaskan puluhan orang yang ada di sekitar lokasi kejadian mulai dari penguin rumah, pejalan kaki hingga tukang becak. Bahkan Gubernur Sumatera Utara kala itu Tengku Rizal Nurdin ikut jadi korban tewas. Akhirnya sejak kejadian tersebut bandara pun dipindahkan dari Kota Medan ke Kualanamu di Deli Serdang.

3. Adam Air di Sulawesi Barat

Maskapai Adam Air sudah tidak lagi beroperasi karena sudah bangkrut. Pesawat Adam Air jurusan Surabaya – Manado tersebut hilang dalam penerbangan pada 1 Januari 2007. Menurut pemeriksaan, pesawat itu jatuh di kedalaman 2.000 di bawah permukaan laut.

Kecelakaan memilukan itu memuat semua penumpang dan awak pesawat berjumlah 102 orang menjadi korban. Pesawat tersebut dikabarkan jatuh karena kondisi cuaca dan kerusakan mesin pesawat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"