Tips Hadapi Debt Collector Pinjol, Gak Usah Panik Bestie!

Tips Hadapi Debt Collector Pinjol, Gak Usah Panik Bestie!

Seseorang yang memiliki utang pinjaman dari pinjol atau pinjaman online biasanya berkomunikasi dengan debt collector. Debt collector itu bertugas untuk menagih utang atas tugas dari pihak yang memberikan pinjaman tersebut. Lalu bagaimana tips hadapi debt collector yang tepat?

Tak dipungkiri yang namanya debt collector atau penagih utang sering bertindak sembarangan kepada orang yang utangnya ditagih. Misalnya membentak, melakukan intimidasi, hingga melakukan kekerasan yang merugikan orang yang ditagih. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan ketika menghadapi seorang debt collector.

Tenang

Cara pertama adalah tenang. Memang terkadang rasa takut dan khawatir sudah muncul atau malah suka emosi menghadapi debt collector itu. Tenang menjadi cara pertama yang bisa dilakukan. Jika tenang dan dihadapi dengan kepala dingin, pasti kedua pihak akan mendapatkan solusi dan penyelesaian dengan baik.

Tips Hadapi Debt Collector

Kooperatif

Sebagai peminjam uang, sebaiknya juga kooperatif menghadapi debt collector. Jangan pernah lari atau menghindari ketika bertemu dengan debt collector. Kemungkinan saat pertama kali bertemu, debt collector akan memberitahukan dan mengingatkan saja soal tagihan yang belum dibayar. Tips hadapi debt collector ini bisa dilakukan lho.

Mengecek Debt Collector 

Cara berikutnya adalah bertanya kepada debt collector. Misalnya pihak mana yang menugaskan debt collector itu dan bertanya apakah debt collector sudah memiliki kartu identitas atau surat tugas untuk menagih utang. Ingat saat bertanya tetap dengan sopan dan baik-baik ya.

Berikan Penjelasan

Memberikan penjelasan kepada debt collector soal alasan kenapa belum bisa membayar utang juga harus dilakukan. Jika memang masih belum bisa membayar, coba berunding dan meminta waktu lagi. Kalau kondisi keuangan sedang sulit, ceritakan dan harus terbuka. Jika debt collector meminta anda untuk datang ke kantor pinjol, lakukan dan jelaskan kepada pihak yang meminjamkan uang tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"