Terungkap! Hukum Orang yang Tidur Seharian Saat Puasa, Ustaz Khalid Basalamah Tegaskan Ini

Terungkap! Hukum Orang yang Tidur Seharian Saat Puasa, Ustaz Khalid Basalamah Tegaskan Ini

Saat berpuasa, sangat wajar jika badan terasa lemas. Hal ini karena orang yang puasa harus menahan lapar dan haus mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Bahkan rasa kantuk kadang terasa jauh lebih kuat ketika puasa.

Jadi tak heran kalau banyak orang puasa yang memilih untuk lebih sering tidur. Bahkan tidak jarang seseorang bisa tidur selama seharian mulai dari sahur dan baru akan terbangun jelang adzan Magrib berkumandang.

Selain karena untuk menghemat tenaga, tidur juga dianggap bisa membuat waktu seolah berjalan cepat, bangun-bangun sudah akan buka puasa. Lantas apa hukumnya orang puasa yang tidur seharian? Apakah dia mendapat pahala atau justru dosa?

Ustadz Khalid Basalamah Menjelaskan Hukum Puasa Tapi Tidur Seharian (YouTube)

Ustaz Khalid Basalamah pernah menjelaskan tentang hukum puasa tapi banyak tidur melalui video di kanal YouTube-nya. Menurut sang ulama, pada dasarnya tidak ada larangan tidur bagi orang yang sedang berpuasa.

Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah berapa lama atau banyaknya tidur tersebut. Ustaz Khalid Basalamah justru mengingatkan agar jangan sampai seseorang justru tidur berlebihan selama puasa, misalnya dari subuh sampai menjelang maghrib. 

"Tidur juga halal, mubah. Tapi tidak boleh berlebihan. Di Ramadhan kemarin mungkin ada orang dari habis Subuh tidur, nanti Dzuhur bangun sebentar tidur lagi. Ashar bangun, tidur lagi. Mungkin cuman sejam 2 jam sebelum Maghrib baru dia hidup," ungkap Ustaz Khalid Basalamah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"