Ternyata Jasa Paus untuk Menyelamatkan Bumi dari Perubahan Iklim Sangat Besar, Apa Saja?

Ternyata Jasa Paus untuk Menyelamatkan Bumi dari Perubahan Iklim Sangat Besar, Apa Saja?

Seperti yang kita tahu, di darat, manusia menghasilkan banyak sekali karbon dioksida dari aktivitas berkendara, pembakaran batu bara, penebangan dan kebakaran hutan, dan sebagainya.

Di laut terbuka sendiri, siklus karbon dianggap bebas dari campur tangan manusia. Eit, emang bener? Bagaimana dengan perburuan paus?

Iya juga sih. Jadi ternyata aktivitas manusia yang serakah sudah merambah sampai di kehidupan laut terbuka sehingga menambah jumlah karbon dioksida yang dilepaskan ke atmosfer.

Memang apa pengaruhnya perburuan paus dengan perubahan iklim?

# Jasa Paus Menyelamatkan Bumi dari Perubahan Iklim

# Jasa Paus Menyelamatkan Bumi dari Perubahan Iklim Jenis paus bungkuk (idntimes.com)


Paus adalah hewan terbesar di dunia yang menyerap banyak karbon di lautan. Ketika jasad paus tenggelam ke dasar laut, semua karbon yang tersimpan di dalam tubuhnya yang begitu besar itu akan ikut tersimpan selama berabad-abad di dasar laut? 

Dalam sebuah studi tahun 2010, ditemukan bahwa sebelum ada industri perburuan paus (tidak termasuk paus sperma, akan ada 190.000-1,9 juta karbon per tahun yang tenggelam ke dasar laut. Atau sama saja dengan menghilangkan 40.000-140.000 mobil di jalan setiap tahun.

Tak hanya berjasa setelah mati dan tenggelam di dasar laut. Kotoran yang dihasilkan paus juga sangat berguna lho ges!

Sebab kotoran mamalia ini cocok untuk pertumbuhan fitoplankton. Meski berukuran mikroskopis, fitoplankton punya pengaruh besar terhadap atmosfer planet. 

Makhluk ini bisa menangkap sekitar 40% dari semua CO2 (dengan fotosintesis) atau empat kali lipat jumlah yang ditangkap oleh hutan amazon.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"