Ternyata Ini Lho Manfaat dari Permainan Lompat Tali, Tak Terduga

Ternyata Ini Lho Manfaat dari Permainan Lompat Tali, Tak Terduga

Melakukan olahraga lompat tali atau skipping ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh lho. Tak percaya?

Pernahkah kalian melakukan aktivitas olahraga lompat tali atau skipping? Ya... olahraga sederhana yang tak butuh banyak peralatan khusus dan gerakannya yang simple ini, ternyata memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan lho gengs.

Lompat tali (alodokter.com)

Mungkin pada generasi 90-an, aktivitas ini jaman dahulu biasa dilakukan dengan menggunakan gelang karet sebagai komponen yang digunakan untuk melakukan gerakan ini. Namun untuk saat ini sudah banyak kok tersedia skipping rope dengan berbagai jenis.

Olahraga satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa bisa memainkan lompat tali ini. Hmmm... olahraga yang merakyat bukan?

Meski demikian, olahraga yang dibilang sederhana ini, ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Sebuah Yayasan Jantung Indonesia (YJI) memperkenalkan senam khusus yang mengadopsi gerakan-gerakan lompat tali. Senam tersebut ditujukan untuk anak-anak, untuk memperkenalkan gaya hidup aktif sejak dini.

Sepertinya tak hanya itu saja gengs, masih ada manfaat yang dapat diperoleh dari lompat tali. Berikut beberapa manfaat yang bisa kalian peroleh, saat melakukan aktivitas olahraga lompat tali:

1. Menurunkan berat badan

Lompat tali adalah salah satu olahraga yang bisa kalian andalkan. Terutama jika kalian mencari olahraga yang cepat membakar kalori tapi banyak khasiatnya. 

Mayo Clinic menyebut bermain lompat tali, dan lari, merupakan sebuah olahraga yang paling efektif membakar kalori. Satu jam bermain lompat tali diperkirakan bisa membakar 861-1.074 kalori, lebih banyak dibanding sepakbola yang hanya 752-937 kalori.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"