Ternyata Benda-Benda Ini yang Bakalan Kelihatan Kalau Candi Borobudur Di Bongkar

Ternyata Benda-Benda Ini yang Bakalan Kelihatan Kalau Candi Borobudur Di Bongkar

Candi Borobudur merupakan warisan budaya yang berharga bagi Indonesia. Candi Borobudur bukan hanya sekadar tempat wisata, tapi masih digunakan untuk ritual keagamaan. Sebelum jadi bagus kayak sekarang, dulu candi ini ditemukan dalam keadaan berantakan loh gengs.

Banyak bagian candi yang hilang dan rubuh. Baru kemudian dipugar jadi bagus kayak yang kamu lihat sekarang. Makanya, dulu bisa dilihat apa aja isi dalam stupa-stupa yang ada di dalam candi tersebut.

Candi Borobudur (Steemit.com)

Candi Borobudur dibangun pada abad ke-9 dalam periode pembangunan yang sangat lama. Karena hanya dengan alat sederhana dan kebanyakan tenaga manusia. Bayangin aja, ngangkut batu segede itu dan dalam jumlah yang banyak. Belum lagi ukiran yang menghiasi candi.

Ketika diukur sekarang, candi ini punya 10 lantai gengs. Smeua bahan bangunannya dibawa menggunakan cikar atau pedati. Semacam gerobak pada masa itu.

Menurut prasasti (batu bertulis) yang mencatat pembangunan, Candi Borobudur dibuat Raja Mataram pada saat pemerintahan Raja Samaratungga. Tapi baru jadi ketika Ratu Pramurdawardhani (putri Raja Samaratungga) bertahta. Total pembangunannya sekitar 50 tahun.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"