Ternyata Batu Malin Kundang Cuma Buatan untuk Menarik Wisatawan? Cek Dulu Fakta Sebenarnya

Ternyata Batu Malin Kundang Cuma Buatan untuk Menarik Wisatawan? Cek Dulu Fakta Sebenarnya

Batu Malin Kundang yang terdapat di Pantai Air Manis Padang, Sumatera Barat selama ini dikenal sebagai batu yang merupakan kutukan dari kisah masa lalu Malin Kundang, yang dikutuk ibu menjadi batu. Banyak orang yang percaya dengan mitos itu.

Ternyata batu yang berbentuk seperti gambar orang bersujud di pinggir pantai adalah rekayasa. Dilansir dari Instagram @robot.fakta, batu itu sengaja dibuat untuk menarik perhatian wisatawan untuk datang ke pantai Air Manis. Rasa penasaran wisatawan bisa terobati dengan melihat bahkan memegang batu Malin Kundang itu.

Memang banyak orang yang awlnya percaya bahwa batu itu memang benar-benar sosok Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu. Diceritakan dalam mitos bahwa Malin Kundang kembali ke kampung halamannya setelah menjadi orang kaya, namun tidak mengenali sosok ibunya. Sang ibu murka dan akhirnya mengutuk putranya jadi batu.

Batu Malin Kundang (Tribunnews.com)

Konon relief batu Malin Kundang itu dibuat pada sekitar tahun 1980-an sebagai hasil karya seorang bernama Dasril Bayras, seniman berdarah Minang. Dasril tak sendiri dalam membuat batu Malin Kundang karena ia bersama Ibenzani Usman.

Setiap hari banyak orang datang ke Pantai Air Manis untuk berlibur. Meskipun beberapa wisatawan tahu bahwa batu itu cuma buatan, tapi tetap saja  pantai itu tetap ramai dikunjungi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"