Terkuak! Misteri Suku Bajo yang Terkenal dengan Para Penyelam Terbaik di Dunia

Terkuak! Misteri Suku Bajo yang Terkenal dengan Para Penyelam Terbaik di Dunia

Buat kalian yang belum tahu. Suku Bajo adalah salah satu Suku di Indonesia yang terkenal karena orang-orangnya punya kemampuan super menahan napas selama 13 menit dan menyelam sampai kedalaman 70 meter.

Kebayang gak menyelam sedalam itu tanpa bantuan alat modern? Kalau kita yang manusia biasa mah bisa pingsan atau mungkin mati.

Tapi begitulah memang istimewanya mereka. Suku Bajo yang sejak dahulu kala tersebar di wilayah Asia Tenggara memang dikenal suku yang memiliki penyelam terhebat di dunia. 

# Menyelam Hanya dengan 1 Tarikan Napas

Para penyelam profesional yang sudah lama menekuni dunia selam tentu mengakui bahwa kemampuan menyelam Suku Bajo tidak main-main.

Sebab mereka tidak butuh pakaian khusus selam dan tabung oksigen untuk menyelam lebih dari 10 menit dengan kedalaman hingga 70 meter.

Mereka hanya butuh kacamata renang yang terbuat dari kayu, dan satu kali tarikan napas untuk melakukan penyelaman.

# Hasil Penelitian University of Copenhagen dan University of California

Yang lebih kerennya lagi. Kemampuan menyelam Suku Bajo yang merupakan salah satu keajaiban dunia ini, telah diteliti oleh dua universitas besar dan diakui dunia.

Sejumlah ilmuwan dari University of California dan University of Copenhagen yang melakukan penelitian tentang Suku Bajo, kemudian membagikan hasil temuannya. Kenapa Suku Bajo bisa terlahir sebagai penyelam andal.

1. Memiliki Limpa 50% lebih besar dari manusia umumnya.

Suku Bajo yang Terlahir Jago Menyelam (hipwee.com)

Seorang kandidat Doktor di Pusat GeoGenetika, dari University of Copenhagen, Melissa LIardo telah meneliti contoh ludah dan pencitraan limpa orang-orang Bajo.

Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan bahwa ukuran limpa Suku Bajo lebih besar 50% dari manusia umumnya.

Limpa merupakan organ manusia yang bertugas melepaskan oksigen dalam darah ketika tubuh dalam kondisi tertekan atau saat menahan napas.

2. Manusia Memang Terus Berevolusi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"