TERJAWAB! Kenapa Banyak Orang Padang yang Buka Usaha Fotokopi

TERJAWAB! Kenapa Banyak Orang Padang yang Buka Usaha Fotokopi

Banyak orang Padang yang memutuskan jadi pengusaha atau membuka usaha. Mulai dari menjadi pengusaha konveksi, buka warung nasi Padang, hingga membuka usaha fotokopi. Jenis usaha fotokopi memang banyak dijalani oleh orang asal Sumatera Barat. 

Melansir dari Quora, seorang warganet yang berasal dari Padang mengatakan bahwa sejak dulu sudah banyak orang Padang yang membuka usaha fotokopi.”Mereka yang baru datang dari kampung, biasanya mendapatkan pengalaman beberapa tahun bekerja di tempat sanak famili sebelum akhirnya membuka kios sendiri,” tulis warganet itu. 

Menurutnya jika sudah nyaman, pelaku usaha fotokopi akan fokus dengan bisnis tersebut dan kemudian membuka cabang di tempat lain. “Bagi pengusaha awal, biasanya mereka akan diberi bantuan kemudahan membeli mesin fotokopi dan alat-alat tulis dari sanak family,” tambah warganet itu.

TERJAWAB! Banyak Orang Padang yang Buka Usaha Fotokopi (Inilampung.com)

Ternyata di Sumatera Barat terdapat sebuah kampung yang isinya para pengusaha fotokopi. Daerah itu bernama Jorong Lareh Nan Panjang Kenagarian Atar, Kecamatan Padang Gantiang, Tanah Datar, Sumatera Barat atau biasa disebut Desa Atar.

Karena desa ini terkenal dengan banyak pengusaha fotokopi maka banyak orang di Sumatera Barat yang mengetahui jika desa ini identik dengan pengusaha fotokopi. Bahkan penduduk lokal sampai membuat tugu berbentuk mesin fotokopi. Dana untuk pembiayaan tugu tersebut dari hasil patungan para pengusaha fotokopi.

Salah satu orang pertama di desa itu yang membuka usaha fotokopi adalah H.Yuskar. Ia adalah perantau pertama dari desa itu yang membuka usaha fotokopi. Ia memulai usaha fotokopi di Bandung, Jawa Barat dan usaha tersebut berkembang pesat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"