Tegas! 5 Negara yang Kasih Hukuman ke Warganya karena Tak Puasa di Bulan Ramadan

Tegas! 5 Negara yang Kasih Hukuman ke Warganya karena Tak Puasa di Bulan Ramadan

Bagi umat Islam berpuasa di Ramadan adalah kewajiban. Namun tidak sedikit umat muslim yang memilih untuk tidak puasa  dengan sejumlah alasan. Di Indonesia pemerintah tak memberikan hukuman kepada warganya yang tidak berpuasa, sementara ada negara-negara yang berani tegas kepada rakyatnya dengan memberikan hukuman. Negara mana saja itu?

1. Kuwait

Negara yang kaya akan minyak bumi ini merupakan negara yang cukup tegas akan hal ini.  Pemerintah Kuwait dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri sudah memberikan peringatan kepada warganya supaya tetap berpuasa dan tidak melanggar aturan tersebut.

Kewajiban warga Kuwait harus berpuasa selama bulan Ramadan ternyata sudah ada sejak lama. Namun  pada Ramadan 2023 lalu, Kementerian Dalam Negeri kembali mengingatkan kepada warga untuk tetap berpuasa.

Hukuman yang diberikan mulai dari denda hingga yang terberat adalah masuk penjara.Besaran denda yang wajib dibayar pelanggar sebesar 100 dinar atau sekitar Rp 5 juta. Namun tidak diketahui berapa lama hukuman penjara yang harus dijalani warga yang tidak berpuasa.

Seorang warga Kuwait ternyata pernah ada yang masuk penjara karena tak berpuasa. Peristiwa itu terjadi pada Ramadan 2012. Polisi di Kuwait menahan seorang pria yang terbukti dengan sengaja makan di tempat umum saat bulan Ramadan.

Negara yang Kasih Hukuman ke Warganya karena Tak Berpuasa (RumahMigran.com)

2. Oman

Negara di timur tengah ini juga memiliki aturan tegas mirip Kuwait. Pemerintah Oman memberikan hukuman penjara kepada warganya yang terbukti tidak berpuasa. Pelanggar aturan ini bisa dipenjara minimal 10 hari dan maksimal tiga bulan.

3. Malaysia

Malaysia menjadi negara yang cukup tegas dalam aturan ini. Negara tetangga Indonesia itu sering melakukan razia pada siang hari saat Ramadan. Misalnya para pejabat yang datang ke restoran atau taman pada siang hari untuk mengecek apakah ada orang Malaysia yang terbukti makan dan minum. Pemerintah Malaysia memang tidak menahan pelanggar namun hanya diberi peringatan hingga denda.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"