Tanggapan Sinis Netizen Indonesia Usai Eks PM Australia Unggah Foto Bareng Jokowi, Bahas Nepotisme

Tanggapan Sinis Netizen Indonesia Usai Eks PM Australia Unggah Foto Bareng Jokowi, Bahas Nepotisme

Mantan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengunggah foto bersama Presiden Jokowi. Kebetulan Turnbull turut menghadiri kegiatan World Hydropower Congress yang berlangsung di Bali. Dalam pernyataan di akun Instagram @turnbullmalcolm, pria berusia 69 tahun ini menyebut Jokowi sebagai teman yang baik.

“Senang bisa bertemu dengan teman baik kami Presiden Joko Widodo hari ini di World Hydropower Congress di Bali yang diselenggarakan Pemerintah Indonesia dan International Hydropower Association,” tulis Turnbull pada Selasa (31/10). Dalam acara itu Turnbull mengenakan kemeja batik.

Unggahan itu malah ditanggapi sinis oleh warganet Indonesia. Banyak yang melontarkan isu-isu terkini menyangkut Jokowi. Mulai dari hasil gugatan batas usia capres-cawapres di Mahkamah Konstitusi (MK) hingga isu kepemimpinan tiga periode. 

Akun IG Eks Perdana Menteri Australia (Instagram @turnbullmalcolm

“MK meresahkan banget sih kalo gini,” tulis seorang warganet di kolom komentar akun Instagram eks Perdana Menteri Australia. “Masih terheran-heran si kenapa bisa ada unsur nepotisme seperti skrng ini,” tambah warganet lain. “Isu 3 periodenya gmana pak,” sahut warganet lain menimpali.

Karena banyak komentar negatif terkait unggahan Turnbull, sehari kemudian pada Rabu (1/11), eks pejabat di Australia ini diduga menutup kolom komentar sehingga komentar-komentar netizen Indonesia sudah tidak bisa diakses lagi oleh publik. Apakah hal itu lantaran ada intervensi dari pihak lain?

Sementara itu agenda World Hydropower Congress 2023 berlangsung selama tiga hari dari 31 Oktober 2023 sampai 2 November 2023. Kegiatan ini diikuti sekitr 1000 peserta yang terdiri dari banyak instansi mulai dari pemerintahan, swasta, hingga LSM. Presiden Jokowi membuka acara tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"