Tanda-Tanda Saat Kita Lagi Jatuh Cinta dari Sudut Pandang Sains

Tanda-Tanda Saat Kita Lagi Jatuh Cinta dari Sudut Pandang Sains

Setiap orang pasti pernah jatuh cinta, bahkan Thanos sekalipun. Kata Eyang Titiek Puspa, "berjuta rasanya". Saat itu, kita akan merasakan banyak emosi mulai dari bahagia hingga histeria.

Iya, perasaan itu campur aduk jadi satu. Tapi, kayak gimana sih tanda-tanda saat kita lagi jatuh cinta dari sudut pandang sains?

Dikutip dari IDNTimes, berikut ini tanda-tandanya. Jangan senyum-senyum sendiri ya, soalnya bakal keliatan lucu banget kalau kalian inget-inget lagi hehehe.

1. Kita akan menatap mata orang yang bikin kita jatuh cinta tanpa kita sadari

1. Kita akan menatap mata orang yang bikin kita jatuh cinta tanpa kita sadari Saling menatap mata wajar dilakukan orang yang lagi jatuh cinta (elitedaily.com)

Pak Brown (((PAK))), seorang ahli saraf di Fakultas kedokteran Albert Einstein telah mempelajari dasar-dasar emosi manusia. Menurut ahli, mata adalah bagian penting yang akan dengan mudah menyampaikan perasaan kita. 

Secara fisik, mata kita cenderung membuat kontak dengan orang yang kita cintai. Dan itu jelas nggak kita sadari, pokoknya jadi jauh lebih intens gengs.

2. Secara tidak sadar juga, kita bakal lebih sering melamun, tapi itulah jatuh cinta

2. Secara tidak sadar juga, kita bakal lebih sering melamun, tapi itulah jatuh cinta Nggak, nggak, mereka lagi nonton film ituh (thisisinsider.com)

Saat kita jatuh cinta, kita akan cenderung melamun, bengong, bikin tatapan kosong ke banyak titik. Seringnya, mata kita akan tertuju pada orang yang tentu kita sayangi itu. Kita juga nggak akan sadar telah melakukan itu.

3. Rasa cinta tuh emang seperti candu, ketagihan, pengin lagi dan lagi

3. Rasa cinta tuh emang seperti candu, ketagihan, pengin lagi dan lagi Kamu sama es krim tuh sama, sama-sama bikin kecanduan (shutterstock.com)

Menurut Brown, orang yang jatuh cinta tuh mirip dengan seseorang yang sedang mengonsumsi kokain. Iya, jatuh cinta itu emang seperti kecanduan, penginnya lagi dan lagi. Dalam kondisi itu, kalian juga akan menyadari bahwa kalian akan aktif ngomongin orang yang kalian cintai itu.

4. Bukan cuman emosi, jatuh cinta juga menimbulkan efek secara fisik gengs!

4. Bukan cuman emosi, jatuh cinta juga menimbulkan efek secara fisik gengs! Efek secara fisik juga timbul saat kita jatuh cinta (yogodating.com)

Saat kita jatuh cinta, kita akan merasakan meningkatnya energi dan denyut jantung kita. Jadi deg-deg-serrr gitu setiap kali ketemu orang yang kita sayangin itu.

Tapi di saat itu juga, kalian juga akan merasakan sulit tidur atau males makan. Ada juga perasaan euforia yang muncul saat kita jatuh cinta. Itu terjadi lantaran otak memproduksi dopamin dan norepinefrin.

5. Area subkortikal dan kortikal di otak kita akan aktif secara alami

5. Area subkortikal dan kortikal di otak kita akan aktif secara alami Yak, bagian-bagian di otak kita juga akan aktif secara alami (thegentlemansjournal.com)

Jatuh cinta bisa dibilang lebih condong pada kecanduan ketimbang sekadar emosi. Itu terjadi karena jatuh cinta mengaktifkan area subkortikal dan kortikal. Rasanya sama seperti saat orang mengonsumsi obat. Hmm ....



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"