Tahun Baru Filosofi, Gimana Caranya Jadi Lebih Baik?

Tahun Baru Filosofi, Gimana Caranya Jadi Lebih Baik?

Tahun baru identik dengan pesta kembang api dan bikin resolusi tahun baru. Di tanggal 31 tuh udah berkomitmen buat jadi lebih baik tahun depan. Tapi ya entah ya realita yang terjadi. Heuheu..

Tahun Baru Filosofi

Tahun baru tampaknya selalu dirayakan pada tanggal 1 Januari. Tapi ternyata jaman dulu tahun baru bisa jatuh pada bulan Maret loh.

Orang-orang Romawi yang merayakan pada bulan Maret, mengikuti siklus bulan mereka sampai pada abad 46 SM. Kala itu kaisar Julius Caesar memperkenalkan kalender Julian.

Kaisar Julius Caesar (kanopy.com)

Setelah kalender baru diperkenalkan untuk menghormati Janus maka tahun baru dirayakan pada Januari. Janus menjadi asal mula nama Januari. Perayaan tahun baru filosofi berhubungan dengan Dewa Janus.

Janus memiliki dua wajah yang menghadap ke depan dan belakang. Tahun baru filosofi diartikan bahwa perayaannya dikaitkan dengan masa lalu dan masa depan.

Tahun baru filosofi Janus artinya pas pergantian tahun kita membuat evaluasi masa lalu di tahun sebelumnya dan bersiap menuju tahun yang baru.

Orang Romawi merayakan dengan bertukar hadiah, menghadiri pesta, dan mendekorasi rumah mereka dengan cabang-cabang pohon laurel.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"