Surabaya Sabet Gelar Online Popular City di Guangzhou, Haibat!

Surabaya Sabet Gelar Online Popular City di Guangzhou, Haibat!

Kota Surabaya, Jawa Timur, baru saja terpilih sebagai kota terpopuler secara online dalam ajang Guangzhou International Award 2018.

Dalam ajang itu, Surabaya memenangkan penghargaan untuk kategori 'City of Your Choice'. Kemenangan itu diperoleh berdasarkan voting secara online ditutup pada Jumat (7/12/2018) lalu.

The Guangzhou International Award 2018 (Instagram @trirismaharini)

Sebagaimana ditulis Kompas.com, hasil akhir penghitungan voting online menunjukkan Surabaya berada di peringkat pertama dengan perolehan 1.504.535 suara.

Ranking kedua ditempati oleh Kota Yiwu, China, dengan perolehan 1.487.512 suara. Semetara peringkat ketiga diraih Kota Santa Fe, Argentina yang mengantongi 863.151 suara.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang akrab disapa Bu Risma itu merasa bangga. Ia pun mengumumkan kemenangan itu dalam akun Instagram pribadinya @trirismaharini.

Penghargaannya diterima Bu Risma (Instagram @surabaya)

"Terima kasih, Kota Surabaya resmi memenangkan penghargaan kota terpopuler secara online dalam ajang The Guangzhou International Award 2018," tulis Risma.

Risma menyebut bahwa kemenangan ini berkat dukungan penuh warga Surabaya dan masyarakat Indonesia dalam ajang itu. Apalagi, Surabaya adalah satu-satunya wakil Indonesia yang mengikuti ajang bergengsi itu.

Pengelolaan sampah di Surabaya (Instagram @surabaya)

Sementara di hadapan 400 juri dan 14 finalis dalam ajang tersebut, Bu Risma juga sempat memaparkan perkembangan Kota Surabaya.

Tahun 2003 silam, Surabaya sempat mengalami masalah besar terkait sampah. Surabaya kala itu dikenal sebagai kota yang panas dan kering. Bahkan, nyaris separuh wilayah kota itu sering banjir saat musim hujan.

Melihat kondisi itu, Bu Risma berinisiatif menciptakan berbagai program dan kebijakan tanpa membebani anggaran lokal yang terbatas. Cara yang dilakukannya adalah mengajak masyarakat bergerak bersama pemerintah demi mengatasi masalah sampah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"