Sudah Tahu Belum? Ternyata Ini Asal Usul Istilah Weekend Sampai Sejarah Bisa Ditetapkan Jadi Hari Libur

Sudah Tahu Belum? Ternyata Ini Asal Usul Istilah Weekend Sampai Sejarah Bisa Ditetapkan Jadi Hari Libur

Weekend  atau akhir pekan merupakan hari libur. Di mana, setiap masyarakat bisa rehat sejenak dari pekerjaannya di hari Sabtu  dan Minggu  untuk refreshing dan bersenang-senang dengan keluarga, saudara, sampai teman-teman. Tapi pernahkah kamu tahu dari mana asal istilah weekend dan bagaimana sejarahnya dua hari tersebut ditetapkan jadi hari libur? Berikut penjelasannya!

Perlu diketahui, kata ini berasal dari Bahasa Inggris yakni gabungan kata week (yang artinya minggu) dengan end (yang artinya akhir). Jadi kalau disederhanakan artinya ke dalam Bahasa Indonesia kurang lebih artinya adalah akhir pekan. Dalam budaya Barat biasanya hari yang dimaksud adalah hari Sabtu dan Minggu.

Dikutip dari Phinemo, pemilihan Sabtu dan Minggu ini pun tidak lepas dari sejarah bangsa Romawi Kuno. Dahulu, bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italia menguasai banyak negara Eropa seperti Belanda, Prancis, Jerman, dan Portugal. Saat berkuasa, bangsa Romawi Kuno percaya bahwa Minggu adalah hari baik untuk ibadah.

Foto: Weekend (BBC)

Minggu juga merupakan hari suci dan hari yang baik bagi kaum Nasrani. Bangsa Romawi Kuno punya kebiasaan menandai hari Minggu dan hari penting lainnya dengan warna merah. Pengaruh bangsa Romawi Kuno inilah yang akhirnya menyebar ke negara-negara kekuasaannya di Eropa, salah satunya adalah Belanda.

Seperti yang diketahui, Belanda pernah menguasai Indonesia selama ratusan tahun. Dalam kurun waktu tersebut, tradisi hari libur yang diperoleh Belanda dari bangsa Romawi Kuno juga menurun ke Indonesia. Sejak saat itu, hari Minggu pun ditetapkan sebagai hari libur untuk pekerja Indonesia. Sekarang, tradisi tersebut tetap dipertahankan.

Akan tetapi, BBC sempat memberikan pendapat yang berbeda. Mereka mengungkapkan adanya Sabtu dan Minggu sebagai akhir pekan berangkat dari kebiasaan orang Babilonia 4.000 tahun lalu. Mereka meyakini 7 planet yang membentuk tata surya membuat nomor tersendiri yang dianggap begitu suci sehingga memengaruhi penentuan hari bagi penduduk di Babilonia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"