Sudah Tahu Belum? Ternyata Asal Usul Istilah Sopir Berasal Dari Bahasa Prancis, Begini Artinya

Sudah Tahu Belum? Ternyata Asal Usul Istilah Sopir Berasal Dari Bahasa Prancis, Begini Artinya

Kalian tentunya sudah tidak asing dong dengan istilah sopir  yang diidentikkan dengan seseorang yang mengemudikan mobil. Tapi pernah enggak sih kamu kepikiran sebenarnya dari mana asal muasal kata di bidang otomotif tersebut.

Dikutip dari GridOto, seseorang yang mengendarai mobil tidak ujug-ujug disebut sopir dari dulu. Melihat sejarahnya, sopir merupakan kata serapan dari Bahasa Prancis  yang juga sudah menjadi kata baku dalam Bahasa Inggris.

Istilah aslinya adalah chauffeur yang akhirnya diluweskan menjadi sopir. Jika di Indonesia, semua orang yang mengendarai mobil dipanggil sopir. Sementara itu, dalam Bahasa Inggris ada dua istilah yang merujuk pada orang yang mengemudikan mobil yakni driver dan chauffeur.

Foto: Istilah Sopir (Wikipedia)

Akan tetapi, ada perbedaan jelas antara driver dan chauffer. Kalau chauffeur adalah orang yang dibayar untuk menjalankan tugas mengendarai mobil mewah seperti sedan ataupun limosin. Tidak semua orang bisa dengan mudah jadi chauffeur.

Pasalnya, selain harus bisa mengemudi dengan baik, chauffeur biasanya juga diberikan kursus tambahan seperti defensive driving dan ilmu menjadi mekanik. Jadi saat mobilnya bermasalah, maka mereka bisa memperbaiknya sendiri di jalan.

Chauffer juga dikenal dengan istilah sopir taksi terdaftar. Mereka pun harus melalui serangkaian tes yang sangat ketat untuk menjadi chauffer. Adapun bagian paling sulit adalah tes ‘The Knowledge’. Di mana, setiap calon sopir diminta untuk menghafalkan The Blue Book, yang terdiri dari 25.000 jalan dan gang serta lebih dari 320 rute.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"