Studi: Makan Bareng Bisa Meningkatkan Selera Makan Kita

Studi: Makan Bareng Bisa Meningkatkan Selera Makan Kita

Pernah gak sih kalian merasa selera makan meningkat karena makan bareng siapa gitu. Makan bareng keluarga atau makan bareng pacar, itu yang bikin nafsu makan kita naik.

Sebuah studi pun menyebutkan hal demikian. Bahwasanya, setiap kali kita makan bareng tuh nafsu makan akan naik. Ini lebih efektif ketimbang makan sendirian gengs.

Makan bareng tuh bikin nafsu makan kita bertambah (unsplash.com)

Menurut studi ini, penelitian telah membuktikan bahwa seseorang cenderung makan lebih banyak ketika makan bareng. Secara ilmiah, kondisi ini disebut sebagai efek fasilitas sosial.

Ketika kita gak makan sendirian, ada temennya ... siapa kek gitu, kita bakal makan 48 persen lebih banyak. Hal ini diungkap dalam studi sebelumnya tentang makan bareng ini.

Studi pun menyebutkan kalo hal ini juga terjadi pada perempuan obesitas. Mereka bisa makan hingga 29 persen lebih banyak saat bersama orang lain.

Makan bareng lebih efektif ketimbang makan sendirian (unsplash.com)

Tim peneliti dari University of Birmingham, Inggris, menemukan bahwa "secara sosial" makan memiliki efek yang kuat pada peningkatan asupan makanan. Makan bareng pun jauh lebih efektif ketimbang makan bareng kesendirian gengs.

Sementara penelitian terbaru itu telah melakukan evaluasi terhadap 42 studi sebelumnya yang membahas tentang aktivitas makan bareng secara sosial.

Penelitian ini juga menemukan, makan lebih banyak justru tidak akan terjadi pada orang-orang yang baru saling kenal. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"