Stop Buang Sampah Organik ke TPS! Ini Alasannya...

Stop Buang Sampah Organik ke TPS! Ini Alasannya...

Penyebab terbesar pemanasan global adalah semua karbon dioksida yang telah kita keluarkan ke atmosfer sejak awal zaman industri. Gas rumah kaca memerangkap panas di atmosfer, meningkatkan suhu di Bumi. 

Meski begitu, sekitar seperempat dari pemanasan yang kita alami sejauh ini disebabkan oleh gas rumah kaca yang kurang terkenal: metana, komponen utama gas alam. Metana tidak terlalu mengkhawatirkan 20 tahun yang lalu, tetapi hal itu berubah sejak tahun 2007, karena emisi metana telah meningkat, melonjak pada 2014 dan lagi pada 2018.

Penjelasan tentang proses efek rumah kaca (kumparan.com)

# Lebih Berbahaya dari Karbondioksida

Metana adalah gas rumah kaca yang jauh lebih kuat daripada CO2. Metana bisa bertahan sekitar satu dekade di atmosfer, sedangkan CO2 bertahan selama beberapa abad. 

Peningkatan jumlah metana secara terus-menerus dapat mengganggu usaha kita kita dalam mengurangi emisi CO2. 

# Sumber Gas Metana yang Menyebabkan Pemanasan Global

Sebuah konsorsium peneliti internasional telah melacak emisi dengan pengukuran rinci di Kutub Utara, Eropa dan daerah tropis, serta dengan studi pemodelan. Apa yang mereka temukan menunjukkan bahwa lonjakan metana sejak 2007 tampaknya sebagian besar merupakan hasil dari peningkatan emisi biogenik, terutama di daerah tropis. 

Di antara beberapa faktor, aktivitas ini telah dipercepat oleh pemanasan suhu dan peningkatan curah hujan yang menyebabkan perluasan lahan basah tropis. Peningkatan emisi lebih lanjut berasal dari kotoran termasuk sapi, domba, dan kambing.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"