Simak Deh Legenda-Legenda Unik di Dunia tentang Sebab Gempa Bumi

Simak Deh Legenda-Legenda Unik di Dunia tentang Sebab Gempa Bumi

Legenda-legenda unik di dunia tentang sebab gempa bumi ada bermacam-macam gengs. Sebagian besar datang dari peradaban-peradaban tua dunia. Tapi jangan dibandingin sama sekarang ya, nanti disebut gak rasional lagi.

Menariknya, legenda-legenda ini terkesan lucu, tapi ya rumit juga. Paling tidak, legenda tersebut membantu masyarakat di masa lampau untuk memahami fenomena alam. 

Mitos-mitos tentang sebab gempa bumi ini diwariskan dari generasi ke generasi. Jadi jelas, jauh sebelum teknologi canggih di jaman ini tercipta. Dan mungkin gak banyak orang jaman sekarang kalo gempa terbaru disebabkan oleh mitos-mitos tersebut.

Deretan legenda-legenda unik di dunia tentang sebab gempa bumi ini juga menghadirkan fitur-fitur budaya setempat. Itu membantu juga untuk memberikan gambaran bagaimana manusia jaman itu melakukan pengamatan terhadap fenomena alam.

Langsung aja deh kalo gitu, ini dia legenda-legenda unik di dunia tentang sebab gempa bumi, sebagaimana dilansir dari Liputan6.com.

1. Mitologi Yunani

1. Mitologi Yunani Begini gua yang digambarkan Aristoteles (datadanfit.wordpress.com)

Masyarakat Eropa masih percaya sebab gempa bumi berdasarkan kisah yang digambarkan filsuf Aristoteles. Sang pujangga, kala itu, menggambarkan gempa akibat bocornya kekuatan angin yang liar dari perangkap gua bawah tanah.

Angin itu berusaha keluar ke permukaan bumi dan itulah yang menyebabkan gempa bumi. Kepercayaan ini bahkan bertahan hingga masa kejayaan Romawi kuno. Kalo sekarang ya jelas beda lah ya.

2. Legenda dari India

2. Legenda dari India Tuh gambaran mitologi India tentang gempa bumi (folomojo.com)

Kalo di India beda lagi gengs. Di India, gempa bumi digambarkan lewat legenda empat ekor gajah suci yang menandu Bumi ini. Konon, mereka berdiri di belakang kura-kura yang menjadi pemandu untuk mengarungi alam semesta.

Nah, kura-kura itu berdiri di atas gerakan melata ular kobra. Semuanya punya formasi yang selaras. Tapi, apabila salah satunya bergerak secara gak sinkron, di situlah gempa bumi terjadi. Aneh juga sih.

3. Legenda di Jepang

3. Legenda di Jepang Namazu dan legenda gempa bumi di Jepang (sauvage.jp)

Masyarakat Jepang kuno percaya bahwa ada ikan lele raksasa yang hidup di bawah laut. Lele raksasa itu dipercaya pula bisa memengaruhi kehidupan di Bumi ini.

Lele itu dinamai Namazu. Konon, Namazu adalah hewan yang mengangkut pulau-pulau di seantero Jepang di atas punggungnya. Jadi, kalo lele raksasa ini goyang-goyang, jelas aja tanah yang ada di permukaan punggungnya ikut geter juga tuh.

Yang bisa menjinakkan si Namazu ini cuman dewa-dewa doang. Dewa Kashima doang yang bisa ngejinakin lele raksasa ini dengan batu magis berukuran besar. Jadi kalo lepas kontrol, Namazu bisa bikin gempa bumi mahadahsyat tuh di Jepang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"