Siapa Wakil Presiden Termuda di Indonesia? 4 Orang Ini Jawabannya

Siapa Wakil Presiden Termuda di Indonesia? 4 Orang Ini Jawabannya

Baru saja pemilu 2024 diselenggarakan untuk memilih calon anggota legislatif dan presiden serta wakil presiden . Menurut hasil hitung cepat untuk sementara Gibran Rakabuming Raka mendapatkan perolehan terbanyak. Jika hasil hitung cepat sama dengan hasil resmi dari KPU Gibran akan menjadi wakil presiden termuda di Indonesia.

Saat ini Gibran berusia 36 tahun. Apabila nanti dia terpilih dan dilantik pada bulan Oktober 2024 mendatang, Gibran genap berusia 37 tahun. Sebelum Gibran menjadi wakil presiden, ada 4 sosok yang disebut sebagai wakil presiden termuda sepanjang sejarah Indonesia lho. Siapa saja daftarnya?

Mohammad Hatta

Wakil presiden termuda pertama di Indonesia adalah Mohammad Hatta. Hatta bersama Soekarno membuat teks proklamasi yang dibacakan pada 17 Agustus 1945. Pria asal Bukittinggi Sumatera Barat itu akhirnya diangkat menjadi wakil presiden saat usianya masih 43 tahun. Saat itu Soekarno jadi presiden.

Selain menjadi wakil presiden, Hatta juga pernah mengemban jabatan dalam era orde lama, ia pernah menduduki kursi sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) tahun 1945-1946, Menteri Luar Negeri 1949-1950, dan Menteri Pertahanan pada tahun 1948.

Wakil Presiden Termuda (Bisnis.com)

Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri menjadi wakil presiden termuda berikutnya. Megawati menjadi wakil presiden pada tahun 1999-2001. Ia menjadi wakil presiden berpasangan dengan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang menjadi presiden. Megawati jadi wakil presiden saat usianya 52 tahun.

Ketika Gus Dur diberhentikan sebagai presiden, Megawati kemudian diangkat menjadi presiden pada tahun 2001-2004. Putri Soekarno ini dikenal sebagai politisi yang tangguh karena berhasil menjadi ketua umum partai terbesar di Indonesia, PDI Perjuangan.

Try Sutrisno

Berikutnya ada nama Try Sutrisno yang menjadi wakil presiden saat usianya masih 58 tahun. Try kala itu menjadi orang nomor dua di Indonesia di bawah sosok Soeharto yang jadi presiden. Selama 5 tahun Try menjadi wakil presiden sejak 1993-1998. Dengan berlatar belakang petinggi militer, sosok Try memang disegani banyak orang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"