Sering Terlewatkan, 8 Kebiasaan Ini Harus Dilakukan Wanita Sebelum Tidur

Sering Terlewatkan, 8 Kebiasaan Ini Harus Dilakukan Wanita Sebelum Tidur

Pria dan wanita memiliki perbedaan dalam hal tidur. Ada kebiasaan-kebiasaan sebelum tidur yang perlu dilakukan wanita.

Perlu diketahui sebelumnya, kurang tidur menjadi penyebab dasar dari berbagai masalah kesehatan. Orang dewasa disarankan untuk tidur 7-9 jam setiap malam. Namun, dilansir dari laman Harvard Health Publishing, lebih dari 60 persen wanita gagal mendapatkan tidur berkualitas.

Survei yang pernah dilakukan National Sleep Foundation (NSF) Amerika Serikat melaporkan bahwa dua pertiga wanita mengalami masalah tidur setidaknya beberapa malam setiap minggu. Sebanyak setengahnya melaporkan bangun dengan perasaan tidak segar.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan wanita demi mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut beberapa kebiasaan sebelum tidur yang perlu dilakukan wanita.

1. Upayakan suhu udara kamar yang tepat

Kamar tidur yang sejuk menjadi tempat terbaik untuk tidur. Suhu udara 16-19 derajat Celcius ideal untuk tidur yang berkualitas.

Mengupayakan suhu ruang yang tepat sangat penting dilakukan wanita. Apalagi jika mengingat suhu inti tubuh yang meningkat saat menstruasi.

2. Mandi sebelum tidur

Kebiasaan Ini Harus Dilakukan Wanita Sebelum Tidur (Pinterest)

Manusia akan mulai merasa mengantuk saat suhu tubuh turun. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mandi sebelum tidur, baik dengan air dingin atau air hangat.

3. Hindari minum kopi atau merokok sebelum tidur

Kafein, alkohol, dan nikotin dapat membuat seseorang jadi lebih susah untuk tertidur. Untuk itu, kamu disarankan tidak meminum kopi, minuman beralkohol, atau merokok beberapa jam sebelum tertidur.

4. Kurangi suara bising

Kebisingan dapat mengganggu kualitas tidur. Kebisingan membuat tidur jadi tidak menyegarkan. Salah satu alternatif untuk menghilangkan suara bising adalah dengan menutupinya menggunakan perangkat 'white noise'.

5. Hilangkan paparan cahaya

Paparan cahaya dapat mengatur siklus tidur-bangun. Paparan cahaya malam hari atau cahaya redup sekali pun dapat mengganggu tidur. Batasi paparan cahaya dari luar ruang melalui penggunaan tirai yang berwarna gelap.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"