Seluk Beluk tentang Baper, Gejolak Batin yang Sering Dialami Millenials

Seluk Beluk tentang Baper, Gejolak Batin yang Sering Dialami Millenials

Kita semua pernah deh ngalamin baper. Baper merupakan sebuah perasaan ketika seseorang mudah terbawa suasana atas apa yang dilihat atau didengarnya. Orang yang baper biasanya sering merasa sedih, galau, dan gundah gulana pada kejadian yang membuat perasaan bergejolak.

Perasaan ini bisa hinggap pada siapa aja, nggak cowok, nggak cewek, semua bisa mengalaminya. Tapi apa yang jadi pencetus baper dan akibat yang ditimbulkan dari baper?

Baper bisa dialami oleh siapa aja (happierhuman.com)

Seperti dikutip dari IDN Times, seseorang bisa baper karena banyakfaktor. Pertama, kalian mungkin terlalu percaya pada diri sendiri. Over PD gitu. Kalian merasa selalu benar dan ingin segala sesuatunya berjalan sebagaimana keinginan kalian aja.

Kalo kalian dapet kesalahan sedikit aja, suasana hati bisa berubah. Kan baper tuh namanya.

Kedua, saat mengalami luka hati saat menjalani hubungan dengan seseorang. Nggak jarang deh ada situasi yang membuat kalian dan pasangan harus mengakhiri hubungan. Ada perasaan sedih yang segera berubah jadi baper saat mengenang masa indah bersama.

Bawa perasaan banget deh ... kalem dikit gengs (popsugar.com)

Bisa juga saat kalian suka sama seseorang, eh, perasaan kalian nggak berbalas. Kan bikin baper tuh.

Ketiga, terlalu serius menanggapi sesuatu. Jadi ketika ada masalah atau mendapat cemooh dari orang lain, kalian menanggapinya dengan serius. Kalian mungkin merasa bahwa keadaan itu tidak sebagaimana mestinya. Akhirnya kalian yang menyalahkan diri sendiri.

Keempat, kebanyakan berkhayal. Emang nggak ada salahnya sih kalo kalian berkhayal, lagian juga gratis kok. Tapi kalo berubah ke level yang berlebihan, batin kalian sendiri yang bakal kesiksa dan semuanya bisa-bisa nggak terwujud gengs.

Plis, sans aja gengs ... jangan sampe terlarut baper ya (tonyortega.org)

Kalo baper dibiarin, itu bisa ngasih efek yang buruk buat kita. Kalian bisa jadi males untuk beraktivitas karena perasaan kalian terus bergolak. Kalian jadi lebih gampang marah dan sedih karena bapernya terus dibiarkan begitu aja.

Efeknya lebih jauh bakal bikin kalian kurang bersyukur tuh atas berbagai nikmat yang kalian peroleh. Akhirnya, kalian sendiri yang terjebak dalam perasaan selalu kekurangan. Kalian juga bakal sering membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kan nggak baik nih.

Tapi kalem gengs. Sebenernya ada kok cara untuk menghalau sifat atau sikap baperan ini. Kalem gengs, semua masalah tuh ada solusinya kok. Kalian cuma perlu menerapkan beberapa siasat berikut ini.

Kalem gengs, ada cara untuk mengatasi baper kok (shutterstock.com)

1. Bersikaplah terbuka dan menerima keadaan yang ada. Dengan begini, kalian bisa memahami situasi apa yang sebenarnya terjadi dan berusaha mencari jalan keluar.

2. Jangan terlalu cepat berasumsi. Kadang, penulaian yang kita buat belum tentu sesuai dengan kenyataan. Kalian perlu cari tau dulu sebelum menilai sesuatu.

3. Bikin sibuk diri kalian dengan berbagai aktivitas. Yang penting kalian harus tetap sibuk, biar kalian bisa melupakan segala persoalan yang sedang terjadi.

Pokoknya bikin sibuk diri kalian, jangan sampe nggak deh (pinterest.com)

4. Coba deh kurangi mendengarkan lagu-lagu galau dan berdiam di tempat sepi. Kalo kalian tetep begitu, rasa baper kalian akan menetap juga, dan hati kalian bakal tetep nggak karuan juga.

5. Jangan malu untuk curhat sama temen kalian deh. Minta pendapat mereka biar beban kalian setidaknya berkurang sedikit lah gitu.

Baper emang sulit dihindari, tapi semua bisa diatasi asal kita juga realistis lah. Pokoknya jangan lupa bahagia ya gengs.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"