Selama Pandemi Jumlah Crazy Rich Indonesia Makin Banyak? Cek Dulu Faktanya Nih

Selama Pandemi Jumlah Crazy Rich Indonesia Makin Banyak? Cek Dulu Faktanya Nih

Pandemi COVID-19 yang terjadi hampir 1,5 tahun di Indonesia memang merugikan banyak pihak. Mulai dari kehilangan anggota keluarga dan kondisi perekonomian yang melesat turun. Belum lagi banyak Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK di banyak perusahaan hingga pemotongan gaji.

Tapi Credit Suisse sebuah perusahaan investasi membuat laporan berbeda jika pandemi COVID-19 membuat banyak  orang kaya di Indonesia justru bertambah. Tak cuma di Indonesia lho karena di beberapa negara dunia pun mengalami hal serupa.

Dikutip dari Detik, Credit Suisse menyebukan pertengahan tahun ini jumlah dengan kekayaan di atas 1 juta USD atau setara dengan Rp 14,49 miliar saat ini dimiliki oleh sekitar 172 ribu orang. Jumlah ini melesat sekitar 62,3 persen  dibandingkan tahun 2020 lalu.

Ilustrasi Daftar Orang Kaya di Indonesia (Tribunnews)

Mungkin banyak yang berpikir ketika resesi tengah menimpa Indonesia akibat pandemi namun segelintir orang kaya malah bertambah jumlahnya. Apakah penghasilan mereka tak terdampak dengan pandemi? Credit Suisse menjelaskan jika orang kaya di Indonesia bertambah karena kenaikan harga aset.

Selain harga aset yang melonjak adanya dorongan dari suku bunga rendah mendorong harga aset terbang melesat di pasar keuangan. Misalnya harga aset fisik seperti properti masih menjadi salah satu objek sentral meskipun kenaikannya tak begitu signifikan, sekitar 1,55 persen.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"