Satu Juta Buruh akan Turun Ke Jalan Memperingati Hari Buruh

Satu Juta Buruh akan Turun Ke Jalan Memperingati Hari Buruh

Jelang Hari Buruh Internasional pada 1 Mei nanti, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan turun ke jalan. Bersamaan dengan itu, mereka akan juga akan mendeklarasikan calon presiden yang mendukung buruh untuk Pilpres 2019 mendatang.

Aksi demosntrasi dan deklarasi itu akan dihadiri oleh sekitar 150 ribu buruh se-Jabodetabek. Pada aksi demonstrasi nanti, buruh akan berkumpul di depan Istana Negara pada pukul 10.00 WIB. Para buruh akan menyampaikan beberapa tuntutan kepada Presiden Joko Widodo.

Kemudian, pada pukul 13.00 WIB, buruh akan bergerak ke Istora Senayan. Mereka akan kembali menyuarakan penolakan terhadap masuknya TKA China Unskilled Worker atau tenaga kerja asing yang kebanyakan adalah buruh kasar asal Tiongkok.

Di sana, buruh akan akan menuntut pemerintah untuk segera mencabut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 tahun 2018 yang dirancang untuk mempermudah gerak TKA asal Tiongkok untuk masuk ke Indonesia. Sejalan dengan itu, KSPI dengan advokasi Prof. Yusril Izha Mahendra tengah mempersiapkan judicial review mengenai Perpres tersebut.

Tak hanya di Jakarta, perayaan Hari Buruh juga akan diselenggarakan di seluruh Indonesia. Tahun ini, KSPI menyatakan bahwa sekitar sejuta buruh di seluruh Indoensia akan turun ke jalan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"