Rahasia Panjang Umur Hanako, Ikan Koi yang Hidup Lebih dari Dua Abad Diungkap oleh Para Ilmuwan

Rahasia Panjang Umur Hanako, Ikan Koi yang Hidup Lebih dari Dua Abad Diungkap oleh Para Ilmuwan

Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi di dunia ini. Segala yang gak mungkin bisa jadi mungkin kok. Termasuk cerita seekor ikan koi yang bisa berusia lebih dari dua abad.

Iya gengs, ini beneran pernah terjadi di Jepang. Di sana, ada ikan yang disebut-sebut telah hidup lebih dari dua abad. Ikan koi yang dimaksud adalah Hanako.

Hanako disebut-sebut sebagai ikan tertua di dunia. Dikutip dari Bastille Post, ikan koi ini lahir pada 1751 silam di sebuah desa di Prefektur Gifu, Jepang.

Ikan koi Hanako, ikan koi tertua di dunia nih~ (hoaxorfact.com)

Selama hidupnya, Hanako telah melewati berbagai peristiwa dunia yang jadi sejarah. Mulai dari Revolusi Prancis tahun 1789, dua Perang Dunia, bom atom Hiroshima dan Nagasaki tahun 1945, hingga pendaratan manusia di Bulan tahun 1969. Wow

Hanako tetap hidup setelah melewati banyak peristiwa penting yang berdampak besar pada perubahan dunia dan Jepang sendiri. Para ilmuwan pun jadi tertarik untuk melakukan penelitian karena ikan koi ini bisa panjang umur.

Tahun 1966, ketika usia Hanako 215 tahun, seorang profesor dari Univeritas Nagoya datang untuk meneliti. Penelitian itu adalah untuk mengungkap usia ikan Hanako yang sebenarnya.

Profesor itu mengambil skala ikan pada dua bagian. Skala itu digunakan untuk diperiksa dan dianalisis. Waktu pengerjaannya bahkan sampe dua bulan gengs, dan si profesor berfokus pada sisik ikan koi Hanako.

Setelah penelitian selesai, bener dong kalo profesor itu bilang bahwa Hanako telah berusia 215 tahun. Teorinya nyaris sama dengan penelitian tentang usia pohon.

Hanako pernah diteliti waktu usianya 215 tahun (pinterest.com)

Ikan koi tua ini punya berat hingga 7,5 kilogram. Panjangnya mencapai 70 centimeter.

Menurut keterangan, rata-rata harapan hidup ikan koi emang panjang. Bisa mencapai 70 tahun. Tapi di antara semua ikan koi di Jepang dan dunia, cuma Hanako yang paling mengesankan karena panjang umur bahkan bisa tiga kali lipat dari rata-rata usia ikan koi secara umum.

Menurut pemiliknya, Hanako telah melampaui semuanya. Hanako pun diwariskan secara turun-temurun oleh pemiliknya. Ikan koi tertua di dunia ini seperti warisan keluarga.

Penelitian juga membawa para ilmuwan mendapatkan rahasia panjang umur Hanako. 

Rahasia panjang umurnya Hanako ternyata adalah air bersih yang selalu tersedia di sepanjang hidupnya. Hanako bahkan mendapatkan perawatan khusus dari pemiliknya meski nggak jelaskan secara mendetail.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"