Rahasia Li Ching Yuen Bisa Hidup Hingga 256 Tahun, Ternyata Karena Ini

Rahasia Li Ching Yuen Bisa Hidup Hingga 256 Tahun, Ternyata Karena Ini

Percaya gak sih kalian dengan hidup abadi ? kalau dilihat si hidup pasti akan ada ujungnya. Tapi percaya mungkin kalau orang hidup dengan umur yang panjang baru ada nih.

Hal ini pernah diungkap dalam sebuah artikel New York Times tahun 1930-an silam. Artikel itu jadi fenomenal dan kontroversial karena mengungkap kehidupan yang nyaris abadi seorang lelaki di China.

Artikel itu menulis bahwa laki-laki China itu nyaris hidup abadi karena usianya diketahui lebih dari 2,5 abad. Tepatnya 256 tahun! Lelaki asal China itu diketahui menikahi 23 istri dan memiliki 108 anak. Lelaki ini pun diketahui bernama Li Ching Yuen.

Ya, gimana artikel itu gak kontroversial ... mosok iya ada orang biasa yang bisa hidup sampe dua setengah abad begitu sih?

Meski pernah kisah hidup Li pernah diungkap, sebenernya masih banyak informasi yang bertentangan juga. Sebab di jaman modern begini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa rata-rata harapan hidup paling tinggi adalah hingga usia 83,5 tahun.

Katanya sih istrinya 23 dan punya 108 anak (intisari.grid.id)

Mulai abad 20-an, manusia dengan usia terpanjang di dunia adalah perempuan Prancis bernama Jeanne Louise Calment. Nenek Jeanne berusia 122 tahun. Nah, kok Kakek Li ini bisa berusia 2,5 abad ya?

Kontroversi seputar umur Kakek Li ini pun membawa profesor Wu Chung Chieh dari Universitas Chengdu menelitinya. Profesor Wu kemudian menemukan dokumen ulang tahun Li Ching Yuen.

Dokumen itu menyebutkan bahwa Kakek Li ini pernah mendapatkan ucapan selamat ulang tahun ke-150 tahun 1927 silam. Namun, ada juga catatan lain yang menyebutkan bahwa Kakek Li pernah berulang tahun ke-200 pada tahun 1877. Wow!

Semakin jauh, ditemukan juga beberapa catatan yang menyebutkan Kakek Li Ching Yuen lahir pada tahun 1677 di Qijuan, Sichuan, China. Dia pun meninggal pada tahun 1933. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"