Punya Kulit Bersisik, Begini Kisah Hidup Richardson Chanlie Yang Idap Penyakit Langka

Punya Kulit Bersisik, Begini Kisah Hidup Richardson Chanlie Yang Idap Penyakit Langka

Belakangan ini, sebuah akun TikTok bernama @kokomerah sedang menjadi perhatian warganet. Dalam akun tersebut, pemilik akun sering membagikan konten-konten kesehariannya. Ternyata yang bikin menarik perhatian, si pemilik akun yang bernama Richardson Chanlie itu mengidap sebuah penyakit langka bernama harlequin ichthyosis.

Penyakit itu sendiri membuat tubuhnya menjadi bersisik, kering, pecah-pecah, hingga kemerahan di seluruh tubuhnya. Jika manusia normal memiliki 7 lapisan kulit, Richard hanya memiliki 3-4 lapisan kulit sehingga membuatnya lebih sensitif terhadap perubahan cuaca yang ekstrim.

Kisah Richardson Chanlie yang mengidap penyakit langka dengan kondisi kulit bersisik (via boombastis)

Saat masih kecil, dirinya tak bisa terkena panas karena akan membuat kulitnya menjadi bernanah. Sampai saat ini, pria 29 tahun itu masih belum mengetahui penyebab penyakitnya. 

Tetapi para dokter menjelaskan jika hal tersebut bisa terjadi lantaran semasa masih dalam kandungan ibunya, kemungkinan air ketuban sang ibu pecah hingga Richard tak sengaja meminumnya.

Akibat kondisi kulitnya itu, Richard pernah ditolak di beberapa sekolah umum. Ia bahkan diberi saran untuk masuk ke sekolah berkebutuhan khusus. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"