Pujan Hati Keduluan Dilamar Orang? Gini Hukumnya Kalau Kamu Mau Melamar Juga

Pujan Hati Keduluan Dilamar Orang? Gini Hukumnya Kalau Kamu Mau Melamar Juga

Untuk menjadikan dia pasangan seumur hidup, sebelum mneikah lamaran aalah prosesi yang penting. Tapi ada kalanya ketika terlalu lama berfikir kamu jadi telat gengs.

Gadis pujaan hatimu udah dilamar sama orang lain. Apakah pernah mengalami kejadian kayak gini? Lalu apa yang boleh dan gak boleh kamu lakukan?

Nah, wanita yang udah dilamar disepakati sebagai wanita yang hampir sah dimiliki calon mempelai laki-laki. Bakalan gugur kalau emang lamaran yang udah dilakukan dibatalkan.

Hukum melamar wanita yang sudah di lamar (obellery.com)

Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid karya Ibnu Rusyd dijelaskan, melamar wanita yang sudah dilamar orang merupakan hal yang dilarang. Jadi hukum melamar wanita yang udah dilamar gak boleh. Alias haram hukumnya gengs.

Tapi menurut  menurut Ibnu al-Qasim, maksud larangan tersebut adalah jika seseorang yang saleh melamar atas lamaran sesama orang yang saleh. Akan tetapi, jika seseorang yang saleh melamar atas lamaran orang yang tidak saleh maka hukumnya boleh.

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam Muslim. Hadist tersebut berbunyi: 

"Dari Uqbah bin Amir, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: seorang mukmin adalah saudara dari mukmin yang lain. Seorang mukmin tidak halal menjual atas penjualan saudaranya, dan tidak halal melamar atas lamaran saudaranya sebelum ia meniggalkannya"



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"